Wednesday 17 May 2017

Harga Minyak Mentah Sesi Asia Tertekan Peningkatan Produksi AS | Bestprofit

Bestprofit (17/5) - Harga minyak turun pada hari Rabu (17/05) di sesi Asia setelah data menunjukkan peningkatan persediaan minyak mentah A.S., memicu kekhawatiran bahwa pasar tetap kelebiha pasokan meskipun ada upaya dari produsen utama Arab Saudi dan Rusia untuk memperpanjang pemotongan produksi.
Harga minyak mentah berjangka A.S. West Texas Intermediate (WTI) berada di $ 48,21, turun 45 sen atau 0,9 persen.
Harga minyak mentah berjangka brent turun 41 sen atau 0,8 persen, dari penutupan terakhir di $ 51,24 per barel pada pukul 0442 GMT.
Persediaan minyak mentah A.S. meningkat sebesar 882.000 barel dalam pekan yang berakhir 12 Mei menjadi 523,4 juta, dibandingkan dengan perkiraan analis untuk penurunan 2,4 juta barel, data dari kelompok industri American Petroleum Institute (API) menunjukkan pada hari Selasa.
Brent mencapai $ 52,63 per barel pada hari Senin dan WTI naik setinggi $ 49,66 per barel setelah Arab Saudi dan Rusia menyepakati perlunya pemotongan minyak mentah 1,8 juta barel per hari (bpd) oleh Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan beberapa produsen lain akan diperpanjang hingga akhir Maret 2018.
Perpanjangan pemotongan pasokan, yang dimulai pada bulan Januari dan diperkirakan akan berakhir pada bulan Juni, dipandang perlu oleh beberapa pihak karena sejauh ini mereka tidak secara signifikan memperketat pasar atau menaikkan harga.
Badan Energi Internasional (IEA) mengatakan pada hari Selasa bahwa persediaan minyak komersial di negara-negara industri meningkat sebesar 24,1 juta barel pada kuartal pertama tahun ini, saat pemotongan produksi OPEC sudah ada.
Menambah kekhawatiran kenaikan pasokan yang sedang berlangsung, sebuah laporan mengatakan bahwa produksi minyak Laut Utara, yang telah lama terlihat dalam penurunan terminal, diperkirakan akan melonjak bersih 400.000 bpd, atau sekitar seperlima dari total produksi, dalam dua tahun ke depan dengan produsen meningkatkan efisiensi operasional.
Ini menambah kenaikan produksi AS yang terus berlanjut, yang telah melonjak lebih dari 10 persen sejak pertengahan 2016 sampai 9,3 juta bpd, tidak jauh dari produsen utama Rusia dan Arab Saudi.
Malam nanti akan dirilis data persediaan minyak mentah mingguan AS oleh EIA yang diindikasikan menurun. Jika terealisir akan menguatkan harga minyak mentah.
Sumber : Vibiznews

Lihat Bestprofit