Tuesday 7 August 2018

Bestprofit | China mengklaim telah berhasil menguji pesawat hipersonik pertamanya

Bestprofit (8/8) - China mengklaim telah berhasil menguji pesawat hipersonik pertamanya, sebuah langkah maju yang besar dalam teknologi kedirgantaraan yang dapat meningkatkan tekanan pada militer AS.

Akademi Aerodinamika Aerospace China (CAAA), yang berbasis di Beijing dan bagian dari perusahaan Sains dan Teknologi Aerospace China milik negara, melakukan uji coba pertama pesawat "Starry Sky-2" Jumat lalu.
Kendaraan hipersonik tidak hanya berkecepatan tinggi - mereka melakukan perjalanan setidaknya pada lima kali kecepatan suara. Itu cukup cepat untuk melakukan perjalanan melintasi AS dalam waktu sekitar 30 menit.

Menurut pernyataan CAAA yang dirilis Senin, Starry Sky-2 mencapai kecepatan tertinggi Mach 6 - enam kali kecepatan suara, atau 4.563 mil (7.344 kilometer) per jam.

Tes itu "berhasil sepenuhnya," kata CAAA, yang memposting foto-foto peluncuran uji coba di platform media sosial WeChat. "Proyek pengujian penerbangan Starry Sky-2 sangat inovatif dan sulit secara teknis, menghadapi sejumlah tantangan teknis internasional yang canggih." bestprofit

CAAA tidak menunjukkan apa pesawat baru atau teknologi akan digunakan untuk, selain mengatakan mereka berharap untuk terus berkontribusi pada industri kedirgantaraan China.

Militer di seluruh dunia telah berpacu selama bertahun-tahun untuk mengembangkan senjata hipersonik. Pada tahun 2015, Angkatan Udara AS mengumumkan tujuan mereka untuk mengembangkan senjata hipersonik pada tahun 2023. Baru tahun ini, Rusia mengklaim telah berhasil menguji rudal hipersonik pertamanya, dan merilis video senjata pada bulan Juli.

Rudal hipersonik terbang ke angkasa setelah diluncurkan, tetapi kemudian turun dan terbang dengan kecepatan tinggi di jalur penerbangan yang mirip dengan pesawat terbang. Lintasan yang lebih rendah membuat mereka lebih sulit bagi satelit pertahanan dan radar untuk dideteksi.

Teknologi hipersonik juga dapat digunakan untuk tujuan yang lebih ramah. Boeing, produsen pesawat terbesar di dunia, sedang mengkonsep pesawat penumpang hipersonik yang dapat membawa pelancong dari New York ke London dalam 120 menit. bestprofit

Starry Sky-2 diluncurkan ke luar angkasa oleh roket multistage, sebelum memisahkan dan memulai penerbangan independennya.

Menurut CAAA itu dilakukan beberapa putaran dan gerakan lain selama penerbangannya, dan berhasil mendarat sesudahnya.

"Penguji penerbangan dapat dikontrol, dan data ilmiahnya valid. Pemulihan lengkap roket itu menandai keberhasilan penyelesaian tes penerbangan Star-2, menandai prestasi 'orang Cina pertama yang ragu-ragu'," kata pernyataan itu.

"Waverider" adalah jenis pesawat hipersonik yang menggunakan gelombang kejutnya sendiri sebagai permukaan pengangkatan, sehingga meningkatkan rasio angkat-ke-tarikannya.

Selain mencapai kecepatan supercepat, CAAA mengklaim pesawat ini juga berhasil menguji sistem proteksi panas keseimbangan panas yang canggih.

Tes ini menandai pertama kalinya Cina secara resmi mengkonfirmasi penelitian tentang para pengunjuk rasa, China Daily melaporkan. bestprofit

AS telah bereksperimen dengan pesawat hipersonik tak berawak selama bertahun-tahun, dan berhasil menguji Boeing X-51 Waverider antara 2010 dan 2013. Ini mencapai kecepatan tertinggi di atas Mach 5 sebelum menabrak samudera, sebagaimana dimaksud.
Namun, klaim baru China dapat memberikan tekanan tambahan pada AS, seperti Jenderal John Hyten dari Komando Strategis AS mengakui awal tahun ini.

"Cina telah menguji kemampuan hipersonik. Rusia telah diuji. Kami juga memiliki. Kemampuan hipersonik adalah tantangan yang signifikan," kata Hyten kepada CNN pada Maret. "Kita akan membutuhkan seperangkat sensor yang berbeda untuk melihat ancaman hipersonik. Musuh kita tahu itu."

Mantan Deputi Menteri Pertahanan Robert Work juga memperingatkan pada Juni bahwa AS berada dalam bahaya dilampaui oleh China dalam hal teknologi militer, menurut USNI (US Naval Institute) News.

Berbicara di sebuah forum, Work menunjukkan pembelanjaan Beijing yang meningkat, yang telah menyebabkan kemajuan signifikan dalam peperangan elektronik, data besar, dan senjata hipersonik.

"Perlombaan ini adalah salah satu yang harus kami menangkan," tambahnya. bestprofit

Sumber : CNN