Sunday 13 January 2019

PT Bestprofit | Harga Emas Menguat Dengan Lemahnya Laporan Inflasi AS

PT Bestprofit (14/1) - Harga emas naik moderat pada awal perdagangan sesi AS hari Jumat minggu lalu dan bereaksi sedikit terhadap laporan Consumer Price Index (CPI) AS yang non-problematik. Metal berharga juga mendapatkan dukungan harian dari melemahnya indeks dolar AS pada hari itu. Indeks dolar As turun sedikit dan tetap berada di dalam tren turun jangka pendek.

Emas berjangka bulan Februari terakhir diperdagangkan naik $5.70 per ons pada $1,293.00. Perak Comex bulan Maret naik $0.087 pada $15.73 per ons.

Data ekonomi AS pada hari Jumat akhir minggu lalu adalah CPI untuk bulan Desember, yang muncul sesuai dengan yang diperkirakan, turun 0.1% dari bulan November dan naik 1.9% dari tahun lalu. Data inflasi belakangan ini dari seluruh dunia mengarah ke outlook yang melemah mengenai kenaikan harga pada bulan-bulan yang akan datang. Hal ini akan membuat bank sentral-bank sentral di seluruh dunia bersikap kurang “hawkish” atas kebijakan moneter mereka, yang akan menjadi elemen “bullish” bagi pasar metal berharga. pt bestprofit

Pasar saham Eropa bercampur semalam, sementara saham-saham Asia naik sedikit, di dalam perdagangan yang lebih sepi dan terjadi konsolidasi normal dari keuntungan baru-baru ini di kebanyakan indeks saham. Indeks saham AS mengarah sedikit turun pada saat pembukaan sesi New York dimulai.

Sikap para trader dan investor umumnya positip pada minggu lalu karena optimisme AS dan Cina – dua negara dengan ekonomi terbesar di dunia – sedang bergerak mendekati resolusi dari perang dagang mereka. pt bestprofit

Persepsi akan sikap Federal Reserve yang lebih “dovish” pada tahun 2019 juga mendorong sentimen posiitp di pasar. Dan suatu “rebound” dari harga minyak mentah  yang besar beberapa minggu yang lalu juga positip bagi pasar komoditi, keuangan, dan saham, Harga minyak mentah Nymex turun sedikit dan diperdagangkan sedikit diatas $52.00 per barel.

Tidak ada data ekonomi AS karena penutupan sebagian operasi dari pemerintah AS yang mempengaruhi laporan dari pemerintah.

Secara tehnikal, kenaikan harga emas akan berhadapan dengan “resistance” pertama di $1,298.00 yang apabila tertembus akan lanjut ke $1,300.00. Sementara gerak turun akan bertemu dengan “support” pertama di $1,280.20 yang apabila tertembus akan lanjut ke $1,278.10. pt bestprofit

Sumber : Vibiznews