Tuesday 20 August 2013

Bursa HK ditutup turun 2.20 persen

Hong Kong, AFP (20/08) – Bursa saham Hong Kong berakhir 2,20 persen lebih rendah pada sesi Selasa, sejalan dengan kejatuhan saham regional yang dijual karena meningkatnya kekhawatiran investor terhadap ekspektasi bahwa Federal Reserve AS akan segera memulai pemangkasan program stimulus.

Indeks acuan Hang Seng turun 493,41 poin menjadi 21,970.29 dengan volume transaksi sebesar HK$63.66 milyar ($ 8.21 milyar).

Pasar global berada dalam kekalutan karena investor meresahkan masa depan program stimulus the Fed senilai $ 85- miliar per bulan yang telah membantu reli ekuitas selama ini.

Dengan membaiknya kondisi ekonomi di Amerika Serikat berarti perekonomian tidak lagi memerlukan bantuan dari bank sentral untuk mendorong pertumbuhan.

Kini semua mata tertuju pada rilis risalah pertemuan terakhir The Fed hari Rabu untuk mencari petunjuk lebih lanjut tentang langkah-langkah selanjutnya dari program stimulus.

"Meskipun ada sedikit perubahan dari segi fundamental, telah terjadi lompatan besar dalam hal pesimisme," ungkap Robert Harding, wakil senior presiden dari Kim Eng di Singapura, kepada Dow Jones Newswires.

Penjualan terlihat di seluruh lantai bursa di Hong Kong. Saham bank besar masing-masing turun lebih dari 2% - ICBC turun 2,8% menjadi HK $ 5,15 dan Bank of China melemah 2,4% menjadi HK $ 3,30. (brc)