Thursday 1 August 2013

Saham-saham HK ditutup dekat dua bulan tertinggi pasca rilis PMI China

Hong Kong, Bloomberg (1/08) – Saham-saham Hong Kong berakhir menguat dengan indeks Hang Seng ditutup pada level tertinggi dalam hampir dua bulan terakhir setelah aktivitas manufaktur China naik secara tak terduga.

Indeks Hang Seng naik 0,9 persen menjadi 22,088.79 ditutup pada level tertinggi sejak 4 Juni dan Hang Seng China Enterprises Index naik 0,7 persen menjadi 9,723.93.

"Outlook China telah membaik," kata Benjamin Tam, manajer portofolio dari IG Investment Ltd. "Presiden China memberikan ketenangan kepada pasar dengan mengumumkan garis dasar pertumbuhan dan sudah memulai beberapa stimulus. Meskipun sangat kecil, setidaknya mereka mau melakukan sesuatu."

The Xinhua News Agency melaporkan minggu ini bahwa pemerintah China akan mempertahankan stabilitas ekspansi di semester kedua di tengah "sangat rumitnya kondisi domestik dan internasional," setelah pertemuan yang dipimpin oleh Presiden Xi Jinping. Perdana Menteri China, Li Keqiang pun mengatakan bahwa "bottom line" untuk pertumbuhan ekonomi adalah di 7 persen, Beijing News melaporkan pada bulan lalu.

Saham-saham naik setelah Indeks China Purchasing Managers naik menjadi 50,3 pada bulan Juli berdasarkan rilis dari Biro Statistik Nasional dan Federasi Logistik & Pembelian China hari ini di Beijing. Itu dibandingkan dengan 49,8 dari perkiraan rata-rata dalam survei Bloomberg News dan bulan Juni di level 50,1. Angka diatas 50 mengindikasikan ekspansi dalam kegiatan manufaktur.
(brc)