Monday 3 July 2017

Bursa Eropa Berakhir Naik Terdukung Penguatan Manufaktur dan Minyak Mentah | Best Profit

Best Profit (4/7) - Bursa Eropa ditutup menguat pada hari Senin (03/07), memasuki bulan baru dengan pijakan yang solid setelah pasar membukukan kenaikan untuk paruh pertama tahun ini.
Indeks FTSE berakhir pada 7377.09, naik 64,37 poin atau 0,88%
Indeks DAX berakhir pada 12475.31, naik 150,19 poin atau 1,22%
Indeks CAC berakhir pada 5195.72, naik 75,04 poin atau 1,47%
Indeks IBEX 35 berakhir pada 10604.20, naik 159,70 poin atau 1,53%
Indeks Pan-European Stoxx 600 berakhir lebih dari 1 persen – persentase kenaikan satu hari terbesar dalam dua bulan – dengan hampir semua sektor dan bursa utama di wilayah positif.
Sektor pabrik zona Eropa tumbuh lebih cepat dari yang diperkirakan pada bulan Juni, meningkat menjadi 57,4 – naik dari 57,0 di bulan Mei. Perusahaan melaporkan kenaikan yang kuat dalam pesanan baru, yang menyebabkan lonjakan aktivitas dan penciptaan lapangan kerja.
Secara lebih luas, Brent bergerak menguat sebesar 1,21 persen pada $ 49,36 per barel sesaat setelah pukul 4.50. Waktu London, sementara minyak mentah A.S. lebih tinggi 1,5 persen lebih tinggi, di $ 46,72.
Sektor minyak dan gas termasuk yang terbaik, naik hampir 2 persen karena investor melihat ke depan ke kesepakatan $ 4,8 miliar terjadwal antara Total dan Iran di Prancis. Kesepakatan tersebut, yang akan melihat sebuah konsorsium yang dipimpin Total mengembangkan Pars Selatan, ladang gas raksasa Iran, adalah yang pertama sejak Uni Eropa mencabut sanksi terhadap Iran pada awal 2016. Total naik 2 persen.
Nets, penyedia pembayaran berbasis di Nordics, melonjak hampir 11 persen lebih tinggi setelah laporan bahwa mereka didekati oleh pembeli potensial. Dorongan tersebut menandai level tertinggi 9 bulan untuk perusahaan yang terdaftar di pasar saham tahun lalu.
Bank juga menjadi pemain kuat Senin, naik lebih dari 2,5 persen. HSBC adalah salah satu yang terbaik di antara mereka, mempertahankan tingkat tertinggi yang terlihat minggu lalu setelah pemberi pinjaman menerima upgrade rating dari Morgan Stanley, yang menyebabkan saham tersebut mencapai level tertinggi empat tahun. Banco Santander, BBVA dan Julius Baer semuanya terlihat naik lebih dari 2,7 persen.
Saham berkinerja terburuk adalah perusahaan satelit Inggris Inmarsat, yang turun hampir 5 persen di tengah tantangan pengadilan dari saingan yang mencari perintah pada perusahaan yang diusulkan dalam rencana penerbangan Wi-Fi.
Senin menandai dimulainya uji coba penipuan ke Barclays dan empat mantan eksekutif yang dituduh meningkatkan modal dari Qatar pada puncak krisis keuangan. Ini adalah pertama kalinya tuduhan diajukan terhadap bank global sehubungan dengan tindakan yang diambil selama krisis keuangan.
Pada saat yang sama, Barclays telah mengumumkan Dublin sebagai pilihan untuk pusat keuangan Brexit-nya, yang memungkinkannya terus melayani klien Eropa setelah Inggris meninggalkan UE. Saham Barclays ditutup naik di atas 2,1 persen.
Sementara itu, di A.S., Indeks Dow Jones dan indeks S & P 500 bergerak lebih tinggi pada hari Senin untuk menandai awal positif sampai kuartal ketiga. Bursa Wall Street dijadwalkan untuk ditutup pada hari Senin menjelang liburan 4 Juli.
Sumber : Vibiznews