Tuesday 21 November 2017

PT Bestprofit | Korea Utara menghukum pemimpin militer teratas, kata Korea Selatan

PT Bestprofit (22/11) - Dua tokoh kunci di militer Korea Utara telah dihukum karena "perilaku tidak murni," menurut seorang anggota parlemen Korea Selatan, seorang analis pergerakan mengatakan kemungkinan ditujukan untuk membantu pemimpin Kim Jong Un memperketat cengkeramannya pada kekuasaan.

Sebuah briefing tertutup oleh Kantor Intelijen Nasional Korea Selatan (NIS) mengidentifikasi kedua pejabat tersebut sebagai Hwang Pyong So, direktur Biro Politik Umum Korea Utara (GPB), dan wakilnya Kim Won Hong, mengatakan bahwa Korea Selatan Rep Kim Byung- Kee setelah pertemuan.

Biro Politik Umum, yang juga disebut sebagai Departemen Politik Umum (GPD), diaudit untuk pertama kalinya dalam 20 tahun, Rep Kim menambahkan, mengutip NIS.

Tidak jelas bagaimana tepatnya bagaimana Hwang dan wakilnya didisiplinkan, namun seorang analis mengatakan kepada CNN bahwa mereka mungkin diminta untuk menjalani pendidikan ulang, yang kemungkinan akan mencakup periode re-indoktrinasi ideologi Korea Utara.

"Dia bermain kursi musik dengan posisi penting," kata Andrei Lankov, seorang profesor di Kookmin University di Seoul dan direktur NKNews.org. "Kim Jong Un tidak ingin ada orang di militer untuk tetap bertanggung jawab terlalu lama ... Dia brilian, sinis, brutal dan efisien."
Sebelum hukumannya, Hwang adalah satu dari tiga pejabat di bawah Kim Jong Un yang bertanggung jawab atas angkatan bersenjata. Dua lainnya adalah menteri pertahanan dan kepala staf umum, menurut Lankov. pt bestprofit

"Tugas mereka semacam digambarkan, tapi mereka memiliki banyak tumpang tindih. Secara keseluruhan, mereka mengendalikan militer," kata Lankov kepada CNN.
Biro Politik Umum bertanggung jawab untuk memastikan bahwa angkatan bersenjata diindoktrinasi dan dididik dengan benar dalam ajaran komunis, ideologi negara Juche, Korea Utara, dan kehidupan dan ajaran keluarga Kim, antara lain.

Komisioner politik ditugaskan ke berbagai cabang militer untuk memastikan suara itu ideologis. Anggota GPB dapat mengesampingkan pejabat militer berperingkat tinggi dan anggota paling senior diberi pengawal tubuh dan hak istimewa, menurut Michael Madden, seorang analis yang menjalankan proyek Kepemimpinan Kepemimpinan Korea Utara.
"Ini adalah salah satu entitas paling kuat di Korea Utara," kata Madden kepada CNN.
Perombakan militer tingkat tinggi terjadi hanya satu minggu setelah pembelotan berani tentara Korea Utara melintasi zona demiliterisasi. pt bestprofit

Prajurit tersebut melarikan diri dari posisinya di sisi perbatasan Korea Utara dan ditembak lima kali saat ia berlari menuju Freedom House di sisi Korea Selatan.
Kementerian Pertahanan Korea Selatan mengkonfirmasi kepada CNN bahwa lebih dari 40 peluru ditembakkan ke pembelot dari pistol dan sebuah AK-47 saat melarikan diri. Dia sekarang dalam perawatan intensif.

Departemen Hwang bertanggung jawab untuk memastikan tentara seperti pembelot benar-benar diindoktrinasi dan tidak pernah merenungkan melarikan diri. Tentara yang tidak disebutkan namanya itu adalah yang ketiga yang membelot dari militer Korea Utara tahun ini.

"Bahkan jika tidak ada masalah dengan Kim Won Hong atau Hwang Pyong Jadi tahun ini, mereka pasti akan gagal keras di Departemen Politik Umum," kata Madden. "Apa yang akan mereka katakan adalah orang yang lolos dari pos pengawalnya di Korea Utara ini tidak secara ideologis terdengar."

Pria yang sekarang memimpin GPB, menurut Madden, adalah orang yang sama dengan NIS yang menyatakan hukuman tersebut: Choe Ryong Hae, wakil ketua Partai Pekerja Korea yang berkuasa yang sebelumnya pernah menjalankan GPB.

Choe adalah salah satu pejabat yang bertemu dengan utusan China Song Tao untuk melakukan pembicaraan langka antara Korea Utara dan China pekan lalu, menurut media pemerintah dari kedua negara. pt bestprofit

Kim Jong Il, ayah dan pendahulu pemimpin saat ini, terkenal karena mengadu pembantu dan bawahannya untuk membuat mereka takut dan berjanggut.

Analis berbeda sejauh mana Kim Jong Un menggunakan latihan yang sama. Korea Utara ditutup dari belahan dunia lainnya; Mendapatkan informasi tentang kehidupan sehari-hari di luar ibukota Pyongyang cukup sulit. Memahami kerja keras eselon tertinggi kepemimpinan Korea Utara bahkan lebih sulit.

Namun banyak pengamat Korea Utara setuju bahwa Kim terus-menerus membersihkan dan menggantikan pemimpin militer sebelum mereka terlalu kuat.

Lankov mengatakan bahwa sejak Kim berkuasa pada 2011, pemimpin militer teratas hanya rata-rata sekitar satu tahun dalam pekerjaan mereka.

"Jika Anda melihat jenderal, mereka dibersihkan dan diganti dengan frekuensi yang belum pernah terjadi sebelumnya," katanya.

"Jika Anda mendapatkan semacam dukungan daya, Anda akan berada di luar. Jika Anda beruntung, Anda diberi pekerjaan sejauh mungkin dari militer. Jika Anda tidak beruntung, Anda baru saja meninggal." pt bestprofit

Paman Kim, Jang Song Thaek, adalah jenderal yang kuat dalam haknya sendiri sebelum pemimpin muda tersebut mulai berkuasa. Jang diyakini memiliki peran penting dalam mengelola hubungan China dengan Korea Utara dan memiliki hubungan perdagangan lintas batas yang menguntungkan. Hampir 90% impor Korea Utara berasal dari China, menjadikannya jalur kehidupan penting bagi ekonomi Korea Utara dan membuat peran Jang semakin kuat.

Jang akan menjadi korban awal pembersihan Kim. Dia dinyatakan sebagai "pengkhianat untuk segala usia" dan dieksekusi pada tahun 2013, sebuah langkah yang dipastikan oleh beberapa analis dimaksudkan untuk mengirim sinyal ke China - yang berharap Jang akan menjadi mentor bagi Kim muda - dan jenderal Korea Utara yang telah mengumpulkan kekayaan dan kekuasaan.

Penurunan pangkat minggu ini dapat ditelusuri kembali ke logika yang sama, kata Madden.
"Apa yang dia tidak ingin terjadi adalah apa yang terjadi dengan pamannya, di mana Anda memiliki banyak orang yang sangat kuat dan mereka mulai mendominasi uang dan kontrol dan mereka pikir mereka tidak dapat mematuhi komandan tertinggi atau tidak mematuhi Instruksinya, "kata Madden.

"Biro Politik Umum telah menjadi sangat, sangat kuat di bawah Kim Jong Un," katanya. "Mereka diturunkan pasak."

Hwang kemungkinan tidak akan berbagi nasib Jang, tapi malah akan dikirim untuk pendidikan ulang selama tiga sampai enam bulan, Madden berspekulasi.

"Dia diturunkan," kata Madden. "Dia pada dasarnya adalah nama kedua yang biasa mereka kenalkan di acara publik Korea Utara. Dia sekarang menjadi nomor empat." pt bestprofit

Sumber : CNN