Sunday 26 November 2017

PT Bestprofit | Harga Minyak Mentah Mingguan Melonjak 4 Persen; Pertemuan Wina Menjadi Fokus

PT Bestprofit (27/11) - Harga minyak mentah A.S. melonjak ke level tertinggi dua tahun pada akhir perdagangan hari Jumat (24/11) saat pasar Amerika Utara menguat terpicu penutupan sebagian dari pipa Keystone yang menghubungkan ladang minyak Kanada dengan Amerika Serikat.

Harga minyak mentah berjangka A.S. mencapai rekor tertinggi sejak 1 Juli 2015, pada hari Jumat, naik 1,6 persen menjadi $ 58,95 per barel.
Untuk minggu ini harga minyak mentah melonjak 3,95 persen, sebagian besar terdukung penurunan pasokan mingguan AS, gangguan produksi pipa Kanda-AS dan ekspektasi pertemuan OPEC-Rusia 30 November untuk tambahan waktu pemotongan produksi.
Namun aktivitas perdagangan diperkirakan akan turun pada hari Jumat karena liburan Thanksgiving di AS.

Analis menyatakan bahwa pergerakan lonjakan hari Jumat terjadi setelah sebuah laporan Bloomberg mengatakan bahwa OPEC dan Rusia telah menggariskan kerangka kesepakatan tersebut. Namun, rincian tetap tidak jelas dan laporan tersebut mengatakan belum ada kesepakatan akhir. pt bestprofit

Analis mengatakan bahwa tumpahan minyak yang menutup jalur pipa Keystone mendukung minyak mentah A.S., ketika harga bulan depan naik di atas harga untuk bulan-bulan depan, mengindikasikan pasar yang kurang terlayani.

Tumpukan pipa pada 16 November mengurangi aliran biasa 590.000 barel per hari ke kilang minyak A.S., yang menggerakkan persediaan di pusat penyimpanan Cushing, Oklahoma, kata para pedagang.

Pasar juga memperketat secara global karena penurunan produksi sejak Januari oleh Organisasi Negara Pengekspor Minyak, Rusia, dan beberapa produsen lainnya.
OPEC bertemu pada 30 November dan diperkirakan akan memperpanjang pakta pemotongan produksi melampaui batas akhir bulan Maret, meskipun Rusia telah mengirim sinyal campuran tentang dukungannya untuk sebuah perpanjangan.

Presiden Vladimir Putin mengindikasikan pada bulan Oktober bahwa Rusia mendukung kesepakatan tersebut sampai akhir 2018, namun komentar oleh pejabat dan media Rusia telah menciptakan ketidakpastian sejak saat itu, katanya.

Meningkatnya produksi minyak A.S. juga telah menekan kenaikan harga minyak mentah. Produksi A.S. melonjak 15 persen sejak pertengahan 2016 ke rekor 9,66 juta bpd, sebagian besar berkat pengeboran serpih. pt bestprofit

Sumber : Vibiznews