Tuesday 19 December 2017

Bestprofit | China mengatakan bahwa kebijakan keamanan baru Trump menunjukkan 'mentalitas Perang Dingin'

Bestprofit (20/12) - Segalanya tampak berjalan dengan baik antara China dan AS.
Setelah kunjungan yang sukses oleh Presiden AS Donald Trump ke Beijing awal tahun ini, hubungan dengan pemimpin China Xi Jinping tampaknya berada pada titik tertinggi sepanjang masa, dengan kedua memuji prestasi masing-masing dan Trump mengatakan bahwa dia tidak menyalahkan China karena "mengambil keuntungan "dari pemerintahan AS sebelumnya.

Tapi Cina berharap ini bisa mewakili pergeseran besar dalam hubungan yang melesat hari Senin ketika Trump memberi label negara itu sebuah "kekuatan saingan" yang berusaha untuk "menantang pengaruh, nilai dan kekayaan Amerika."

Sebuah dokumen baru yang menguraikan Strategi Keamanan Nasional kepresidenannya (NSS) semakin jauh, menggambarkan China dan Rusia sebagai "kekuatan revisionis" yang ingin "membentuk sebuah dunia yang bertentangan dengan nilai dan kepentingan AS."
Berbicara pada hari Selasa, juru bicara kementerian luar negeri China Hua Chunying mendesak AS untuk "meninggalkan mentalitas Perang Dingin dan konsep permainan zero-sum," memperingatkan kegagalan untuk melakukannya "hanya akan merugikan dirinya sendiri dan juga yang lainnya."

"China dengan tegas akan menjaga kedaulatan, keamanan dan haknya untuk berkembang," katanya. "Tidak ada yang seharusnya memiliki fantasi mengharapkan China menelan buah pahit yang merugikan kepentingannya sendiri." bestprofit

Zhang Baohui, seorang profesor ilmu politik di Universitas Lingnan di Hong Kong, mengatakan bahwa dokumen tersebut menunjukkan kemitraan antara Trump dan Xi, yang telah berusaha diusahakan Beijing, "telah meninggal."

"China telah menginvestasikan modal diplomatik besar untuk mengamankan hubungan tersebut," kata Zhang. Dan kedua pemimpin itu tampak bergaul dengan baik selama perjalanan Trump di Beijing.

Sementara di ibu kota China, dia menyirami Xi dengan pujian, dan dirinya diperlakukan sebagai "kunjungan kenegaraan plus," termasuk makan malam yang langka di Kota Terlarang.

Sementara kemenangan konkret kurang untuk kedua belah pihak, kunjungan tersebut membantu meraih tahun yang sangat sukses bagi Xi, yang telah memperkuat kekuasaannya atas negara tersebut dan Partai Komunis yang berkuasa, dan melihat pengaruh globalnya tumbuh secara signifikan sejak pemilihan Trump.

Ini juga memberikan beberapa keberhasilan jangka pendek untuk Trump, yang kembali ke Washington dengan serangkaian transaksi perdagangan dan investasi, dan liputan pers internasional yang positif.

Sebagian besar hubungan Trump-Xi telah didasarkan pada usaha China, banyak dipuji oleh Trump, dalam menyelesaikan krisis Korea Utara. bestprofit

Namun, meski ada janji dari kedua belah pihak bahwa kemajuan sedang dilakukan, Pyongyang belum menunjukkan tanda-tanda membungkuk pada tekanan China (atau Amerika), dan Korea Utara melakukan uji rudal balistik antar benua yang paling canggih akhir bulan lalu.

"Persaingan dengan China ada di sini untuk tinggal," Van Jackson, seorang dosen senior dalam hubungan internasional di Universitas Victoria Wellington, Selandia Baru, menulis pada hari Selasa.

"(The NSS) bergerak menjauh dari kesetaraan koperasi yang setara dengan koperasi pemerintahan AS sebelumnya dan mencakup yang terakhir sebagai kenyataan yang telah diajukan ke Amerika."

Kegagalan membuat Beijing bermain bola di Korea Utara serupa dengan bagaimana AS gagal mendapatkan pembelian China untuk institusi dan peraturan internasional, terutama mengenai kebijakan perdagangan dan intelektual - di mana kesenjangan yang signifikan tetap ada, yang membuat kecewa AS perusahaan.

Ini telah menjadi isu utama untuk administrasi berulang di Washington, Richard Haass, presiden Dewan Hubungan Luar Negeri, mengatakan dalam sebuah pidato Senin.
"NSS tampaknya menolak gagasan bahwa kita bisa menanamkan China atau Rusia dalam sistem internasional berdasarkan peraturan yang kurang lebih sesuai dengan keinginan kita," katanya. "Jadi nampaknya menunjukkan bahwa masa depan adalah salah satu keseimbangan kekuatan, gesekan, dan sebagainya." bestprofit

Haass menambahkan tampaknya ada "reorientasi hubungan lebih ke arah China sebagai sesuatu masalah atau pesaing, terutama di bidang ekonomi."

Menurut Zhang, ini lebih merupakan kembalinya norma untuk kebijakan AS-China, setelah Trump tampaknya mempertimbangkan untuk mengambil pendekatan yang lebih isolasionis sesuai dengan retorika kampanye "Amerika Pertama" -nya.

"Sekarang kebijakan luar negerinya (kembali) dengan sikap standar AS dalam urusan dunia sejak tahun 1945, yaitu bahwa ia bertekad untuk mempertahankan keunggulan dan melihat kekuatan besar lainnya sebagai penantang," katanya.

Ini kemungkinan akan mewakili pemeliharaan status quo dalam kaitannya dengan hubungan AS-China, kata Zhang, menunjuk pada garis keras pemerintahan Obama mengambil Laut China Selatan dan sikap tegas yang selalu dilakukan Trump telah melakukan perdagangan sejak dia berkuasa.

Strategi keamanan nasional yang baru, kata Zhang, "menunjukkan bahwa kedua negara berada dalam tabrakan jangka panjang. bestprofit

Sumber : CNN