Sunday 17 December 2017

PT Bestprofit | Harga Minyak Mentah Mingguan Merosot 1 Persen; Peningkatan Produksi AS Masih Menekan Pasar

PT Bestprofit (18/12) - Harga minyak mentah berakhir mixed pada akhir perdagangan akhir pekan Sabtu dinihari (16/12), bergerak di bawah level tertinggi dua tahun karena tarik menarik sentimen penutupan pipa Laut Utara dan penurunan produksi OPEC yang mendukung harga, melawan sentimen bearish kenaikan produksi A.S.

Harga minyak mentah berjangka A.S. West Texas Intermediate (WTI) berakhir naik 25 sen atau 0,44 peren pada $ 57,33 per barel. Untuk minggu ini harga minyak mentah AS merosot 1 persen, sebagian besar tertekan peningkatan produksi minyak AS dan pasokan bensin AS, mengatasi sentimen bullish perpanjangan waktu pembatasan produksi OPEC dan Rusia, serta penutupan pipa minyak Forties di Laut Utara.

Sedangkan harga minyak mentah berjangka Brent, patokan internasional untuk harga minyak, berada di $ 63,26 per barel, turun 5 sen dari penutupan sebelumnya pada pukul 1:57 siang. ET (1857 GMT). pt bestprofit

Analis di Barclays mengatakan tingkat persediaan produk di negara-negara industri adalah 2 persen di bawah rata-rata lima tahun pada awal Desember, dibandingkan dengan 10 persen di atas rata-rata lima tahun pada awal 2017, dengan penarikan yang didorong oleh kombinasi penutupan dan pertumbuhan permintaan yang kuat. Di sisi lain, produksi A.S. terlihat meningkat sebagai respons terhadap kenaikan harga.

Goldman Sachs mengatakan kondisi pasar memungkinkan perusahaan minyak besar, atau Big Oil, untuk memasuki siklus revisi pendapatan positif. Goldman menambahkan akan memungkinkan bagi Big Oil untuk menggunakan kembali modal dengan harga dua digit.
Perusahaan energi A.S. minggu ini memotong kilang minyak untuk pertama kalinya dalam enam minggu meskipun harga mendekati level tertinggi dalam dua tahun dan pengeboran mulai mendorong rencana pengeluaran untuk tahun depan. pt bestprofit

Jumlah kilang minyak turun empat menjadi 747 dalam seminggu sampai 15 Desember, perusahaan jasa energi General Electric Co Baker Hughes mengatakan dalam laporannya yang diikuti dengan ketat pada hari Jumat.

Penutupan pipa Forties yang terus berlanjut, yang membawa minyak Laut Utara ke Inggris, merupakan dukungan harga utama di awal sesi, kata para pedagang.

Dampak fisik utama adalah wilayah Laut Utara, namun memiliki relevansi global karena minyak mentah digunakan untuk mendukung patokan harga Brent. Operator INEOS menyatakan force majeure pada Forties, deklarasi pertama dalam beberapa dasawarsa.
Force majeure adalah sebutan hukum yang menunda kewajiban kontrak perusahaan karena situasi di luar kendalinya. pt bestprofit

Di luar gangguan pasokan Laut Utara, para pedagang dan analis mengatakan bahwa pasar pada umumnya didukung oleh usaha yang dipimpin oleh Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak dan Rusia untuk membatasi produksi guna menopang harga.
Merongrong upaya OPEC untuk memperketat pasar adalah produksi minyak A.S., yang telah melonjak 16 persen sejak pertengahan 2016 sampai 9,78 juta barel per hari (bpd), mendekati tingkat produsen utama Rusia dan Arab Saudi.

Naiknya pasokan A.S., yang sebagian besar didorong oleh pengeboran minyak serpih, kemungkinan akan memindahkan pasar minyak ke dalam surplus pasokan di paruh pertama 2018, Badan Energi Internasional (IEA) mengatakan pada hari Kamis. pt bestprofit

Sumber : Vibiznews