Sunday 21 January 2018

Best Profit | Harga Minyak Mentah Mingguan Merosot 1 Persen; Kerugian Pertama Dalam 5 Minggu

Best Profit (22/1) - Harga minyak mentah turun sekitar 1 persen pada akhir perdagangan akhir pekan Sabtu dinihari (20/01), mencatat kerugian mingguan pertama mereka dalam lima minggu, sebagai kenaikan kembali pada produksi A.S. melebihi penurunan persediaan minyak mentah yang terus berlanjut.

Harga minyak mentah berjangka A.S. West Texas Intermediate (WTI) berakhir turun 58 sen menjadi $ 63,37 per barel. WTI menandai puncak Desember 2014 sebesar $ 64,89 per barel pada hari Selasa.

Harga minyak mentah berjangka Brent turun 70 sen atau 1 persen menjadi $ 68,61 per barel. Pada hari Senin, mereka mencapai level tertinggi sejak Desember 2014 di $ 70,37.
Kedua patokan tersebut mencatat kerugian mingguan lebih dari 1 persen.

Badan Energi Internasional (IEA) dalam laporan bulanannya mengatakan bahwa stok minyak global telah diperketat secara substansial, dibantu oleh penurunan OPEC, pertumbuhan permintaan dan produksi Venezuela yang mencapai posisi terendah dalam 30 tahun terakhir. best profit

Namun, memperingatkan bahwa produksi yang meningkat dengan cepat di Amerika Serikat dapat mengancam keseimbangan pasar.

“Pertumbuhan eksplosif di A.S. dan kenaikan substansial di Kanada dan Brasil akan jauh lebih besar daripada penurunan tajam yang berpotensi terjadi di Venezuela dan Meksiko,” IEA mengatakan tentang produksi 2018.

Produksi minyak mentah A.S. mencapai 9,75 juta barel per hari (bpd) pada 12 Januari, data dari Administrasi Informasi Energi menunjukkan. IEA mengatakan bahwa mereka memperkirakan akan segera melampaui 10 juta bpd, menyalip raksasa OPEC Arab Saudi dan menyaingi Rusia.

Analis juga menunjukkan perlambatan permintaan yang diharapkan pada akhir musim dingin di belahan bumi utara dan posisi longgar yang berlebihan di pasar minyak keuangan karena kemungkinan rem pada momentum kenaikan harga. best profit

Bank ANZ mengatakan “permintaan lemah yang akan datang dan posisi investor yang ekstrem membuka kemungkinan beberapa kelemahan jangka pendek.”

Namun beberapa analis berpendapat bahwa IEA mungkin meremehkan pertumbuhan permintaan minyak tahun ini di tengah tren produksi minyak serpih A.S. yang kuat karena ekonomi global menunjukkan tanda-tanda pertumbuhan untuk menyerap komoditas tersebut.

Namun secara keseluruhan, harga minyak tetap didukung dengan baik, dan sebagian besar analis tidak memperkirakan penurunan yang tajam.

Penggerak harga utama adalah produksi yang dipangkas oleh sekelompok produsen minyak utama di sekitar Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan Rusia, yang mulai menahan produksi pada Januari tahun lalu. best profit

Pemotongan pasokan oleh OPEC dan sekutu-sekutunya, yang dijadwalkan berlangsung sepanjang 2018, ditujukan untuk memperketat pasar untuk menopang harga.

Di Amerika Serikat, persediaan minyak mentah turun 6,9 juta barel pekan lalu menjadi 412,65 juta barel, tingkat musiman terendah dalam tiga tahun dan di bawah angka rata-rata lima tahun sekitar 420 juta barel.

Jumlah kilang minyak A.S., indikator awal produksi masa depan, turun lima kilang dalam minggu ini sampai 19 Januari, Baker Hughes melaporkan. Minggu lalu terjadi penambahan 10 kilang minyak, kenaikan terbesar sejak Juni. best profit

Sumber : Vibiznews