Sunday 4 February 2018

Bestprofit | Harga Minyak Mentah Tertekan Penguatan Dolar AS

Bestprofit (5/2) - Harga minyak mentah turun pada akhir perdagangan Sabtu dinihari (03/02) karena pasar saham merosot karena kekhawatiran kenaikan suku bunga dan dolar AS menguat menyusul laporan pekerjaan A.S. yang kuat.

Harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS berakhir turun 35 sen menjadi $ 65,45 per barel. Pada puncak sesi, mencapai $ 66,30, tidak jauh dari level tertinggi tiga tahun terakhir di $ 66,66.
Harga minyak mentah berjangka patokan global Brent, turun $ 1,19, atau 1,7 persen menjadi $ 68,46 per barel pada pukul 2:33. ET. Ini diperdagangkan setinggi $ 70,02 di awal sesi. bestprofit

Dolar AS naik pada hari Jumat setelah laporan pekerjaan bulanan melampaui ekspektasi, menunjukkan bahwa Amerika Serikat menambah 200.000 posisi. Upah juga mencatat kenaikan satu bulan terbesar sejak akhir resesi besar pada pertengahan 2009.

Dolar AS yang lebih kuat membuat komoditas berdenominasi dolar seperti minyak mentah lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya.

Awal pekan ini, Administrasi Informasi Energi A.S. melaporkan bahwa produksi minyak mentah A.S. mencapai 10 juta barel per hari pada bulan November, pertama kali telah melampaui tingkat tersebut sejak tahun 1970.

Jumlah kilang minyak A.S., ukuran mingguan dari berapa banyak pengebor kilang minyak yang beroperasi, meningkat enam minggu ini menjadi total 765, Baker Hughes melaporkan. bestprofit

Hubungan kuat sekali terjadi, di mana minyak naik saat dolar turun dan sebaliknya, namun surut antara tahun 2014 dan 2016, ketika kelebihan pasokan tiga tahun menyebabkan hubungan antara kedua aset tersebut turun.

Dengan pengetatan pasokan, hubungan tersebut telah kuat kembali. Sejak awal tahun, indeks minyak dan dolar A.S. memiliki korelasi sebesar -0,86, dengan -1 menjadi hubungan terbalik sempurna.

Harga minyak sebelumnya didukung oleh pemadaman yang kuat dengan penurunan produksi oleh OPEC dan sekutunya Rusia, serta ekspektasi akan pertumbuhan permintaan yang kuat di tahun 2018. bestprofit

Produksi Januari dari Organisasi Negara Pengekspor Minyak naik dari level terendah delapan bulan, menurut sebuah survei Reuters. Data Rusia menunjukkan kepatuhan yang kuat terhadap penurunan produksi pada bulan Januari, bahkan saat produksi mencapai 10,95 juta bpd.

Permintaan minyak global naik 1,6 juta barel per hari, atau sekitar 1,5 persen, tahun lalu dan UBS mengatakan bahwa hal itu harus tumbuh 1,3 juta lagi tahun ini.

Goldman Sachs baru-baru ini menaikkan perkiraan 2018 untuk pertumbuhan permintaan minyak menjadi 1,86 juta barel per hari dari 1,73 juta barel per hari. Pada hari Kamis, ia mengumumkan perkiraan permintaan 2019 pada 1,6 juta barel per hari namun mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi di seluruh dunia berarti konsumsi bisa lebih kuat lagi. bestprofit

Sumber : Vibiznews