Thursday 26 April 2018

PT Bestprofit | Harga Minyak Ditutup Naik Terdorong Sentimen Positif

PT Bestprofit (27/4) - Harga minyak mentah naik pada akhir perdagangan Jumat dinihari (27/04), didukung oleh harapan atas sanksi AS terhadap Iran, penurunan produksi di Venezuela dan permintaan yang kuat yang sedang berlangsung.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) berakhir naik 14 sen menjadi $ 68,19 per barel.

Harga minyak mentah berjangka Brent terakhir naik 74 sen, atau 1%, pada $ 74,74 per barel pada pukul 2:29 siang. ET.

Harga minyak telah meningkat sebesar 15 persen dalam empat minggu terakhir berkat harapan bahwa Amerika Serikat akan memberlakukan kembali sanksi terhadap Iran, produsen minyak utama dan anggota Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC). pt bestprofit

Presiden Perancis Emmanuel Macron mengatakan pada hari Rabu bahwa dia mengharapkan Presiden AS Donald Trump untuk menarik diri dari kesepakatan dengan Iran yang dicapai pada tahun 2015, di mana Iran menghentikan program nuklirnya sebagai imbalan bagi negara-negara Barat yang mengangkat sanksi yang melumpuhkan.

Trump akan memutuskan pada 12 Mei apakah akan mengembalikan sanksi AS terhadap Teheran, yang kemungkinan akan menghasilkan pengurangan ekspor minyaknya.

Sentimen pada hari Kamis menandai pergeseran dari awal pekan ini, ketika harga minyak jatuh setelah Trump mengatakan Amerika Serikat dan Prancis bisa mencapai kesepakatan “cukup cepat” pada kesepakatan nuklir Iran. pt bestprofit

Produksi minyak mentah Venezuela telah jatuh dari hampir 2,5 juta barel per hari (bpd) pada awal 2016 menjadi sekitar 1,5 juta barel per hari akibat krisis politik dan ekonomi.
Penurunan produksi dan sanksi AS terhadap Iran datang dengan latar belakang permintaan yang kuat, terutama di Asia, wilayah konsumen minyak terbesar di dunia.

Namun, tidak semua indikator pasar mengarah pada pasokan yang lebih ketat.

Persediaan minyak mentah AS naik 2,2 juta barel dalam seminggu hingga 20 April menjadi 429,74 juta barel. Produksi minyak mentah AS naik 46.000 bpd pada minggu sebelumnya, menjadi 10,59 bpd.

Melonjaknya produksi AS telah membuat minyak mentah WTI sekitar $ 6 per barel lebih murah daripada Brent dan menarik ekspor ke rekor tertinggi. pt bestprofit

Sumber : Vibiznews