Sunday 22 July 2018

Bestprofit | Berapa lama investigasi Mueller akan berlangsung?

Bestprofit (23/7) - Dengan dakwaan kriminal baru-baru ini terhadap 12 agen intelijen Rusia, kantor penasihat khusus menjelaskan bahwa mereka memiliki harta karun berupa informasi untuk penyelidikannya ke campur tangan Rusia dalam pemilihan presiden 2016. Yang kurang jelas adalah berapa lama Robert Mueller akan melanjutkan pekerjaannya.

Dakwaan bisa menjadi poin penting bagi timnya. Atau bisa juga merupakan puncak dari salah satu gelombang yang datang.

Wawancara investigasi Presiden Donald Trump, kemungkinan mengenai penyelidikan Mueller ke dalam apakah Presiden menghalangi keadilan, masih menggantung di udara. Begitu juga kaki investigasi yang melibatkan peran mantan ketua kampanye Paul Manafort pada kampanye, dan melibatkan penasihat mantan penasehat keamanan nasional Michael Flynn dengan para penyelidik.

Sudah ada beberapa tanda bahwa kantor Mueller dipersiapkan untuk mendapatkan angin habis-habisan. Jaksa dari Kantor Jaksa AS di Washington dan divisi keamanan nasional Departemen Kehakiman sedang menangani kasus-kasus yang diajukan oleh Mueller, yang menandakan bahwa mereka akan melihatnya jika kantor pengacara khusus menghilang sebelum tindakan pengadilan ditutup.

Dan jaksa federal di Manhattan yang terpisah dari Mueller menangani penyelidikan terhadap mantan pengacara pribadi presiden, Michael Cohen, yang mungkin menyentuh pada pembayaran untuk wanita dengan siapa Trump diduga melakukan perselingkuhan selama kampanye.

Meski begitu, Mueller masih tampak menggembalakan beberapa penyelidikan terkait yang Wakil Jaksa Agung Rod Rosenstein ditata dalam memo untuk Mueller Agustus lalu. Memo itu muncul untuk menggambarkan ruang lingkup titik demi titik investigasi. Hampir satu halaman penuh pembahasan lingkup Mueller masih tersembunyi dari pandangan publik. bestprofit

Namun beberapa bagian dari penyelidikan rahasia masih menjadi bukti.
Terutama, belum ada kesimpulan publik yang pasti mengenai apakah Trump bermaksud untuk menghalangi keadilan atau mengetahui koordinasi ilegal - jika ada - antara kampanyenya dan pemerintah Rusia.

Sebuah kesimpulan mungkin tidak datang sebelum akhir tahun, mengingat waktu pemilihan paruh waktu.

Di bawah naungan Departemen Kehakiman, jaksa umumnya menghindari langkah-langkah investigasi yang jelas dan mengembalikan dakwaan terhadap seorang kandidat untuk jabatan dalam waktu 60 hari setelah pemilihan. Aturan itu tidak diatur dalam kebijakan atau regulasi resmi apa pun. Mueller selalu bisa meminta Rosenstein untuk pengecualian. Atau dia bisa melihat contoh mantan Direktur FBI James Comey, yang dikritik karena membuat pernyataan tentang penyelidikan atas email Hillary Clinton 11 hari sebelum pemilihan presiden 2016.

Satu langkah investigasi yang tampaknya ada dalam rencana Mueller adalah mewawancarai Presiden.

Kemungkinan wawancara investigasi dengan Trump telah menghantui Kantor Oval selama setengah tahun sekarang, ketika jaksa Presiden John Dowd dan Ty Cobb, dan kemudian Rudy Giuliani dan yang lainnya, telah bolak-balik dengan Mueller.

Jika kedua belah pihak tidak dapat mencapai kesepakatan, panggilan pengadilan juri untuk memaksa Trump berbicara bisa dilakukan. Itu kemungkinan akan mengarah pada pertarungan kekuasaan presiden di bawah Konstitusi - dan mungkin berakhir di Mahkamah Agung.

Mungkin Mueller tidak membutuhkan Trump dalam catatan. Dia sudah memiliki puluhan wawancara saksi, ditambah ratusan tweet milik Trump, pidato publik, dan wawancara di depan kamera. bestprofit

Jika Mueller memilih untuk tidak mendakwa Presiden, dia kemungkinan akan mempresentasikan temuannya dalam sebuah laporan kepada Kongres. Itu bisa termasuk rekomendasi untuk mendakwa Trump.

Mantan penasihat keamanan nasional Michael Flynn memangkas kesepakatan pembelaannya pada Desember lalu. Tidak ada kesimpulan yang jelas untuk bagian penyelidikan itu, dan jumlah informasi yang Flynn berikan kepada mereka belum dipublikasikan.

Flynn telah berbicara dengan jaksa tentang percakapannya selama transisi kepresidenan. Percakapan itu menyampaikan rincian dari duta besar Rusia kepada pejabat kampanye senior Trump termasuk Jared Kushner, menurut dokumen pengisiannya.

Pada penampilan pengadilan pekan lalu, seorang hakim federal membuat jelas Flynn belum dijatuhi hukuman karena berbohong kepada penyelidik karena dia terus bekerja sama dengan jaksa. Itu menandakan bahwa lebih banyak kasus kriminal terkait dengan apa yang Flynn tahu bisa datang.

Mantan ketua kampanye Trump Paul Manafort telah didakwa atas kejahatan yang terkait dengan lobi Ukraina dan pengungkapan keuangannya. Manafort mengatakan dia tidak bersalah dan sedang menunggu dua uji coba, dengan set pertama akan dimulai 25 Juli.
Rick Gates, deputi lama Manafort dan satu lagi pejabat kampanye dan peresmian Trump, belum muncul di depan publik sejak dia mengaku bersalah pada bulan Februari atas tuduhan yang lebih rendah dari yang pertama kali dia hadapi. Gates sekarang membantu kantor Mueller, kemungkinan dengan kasus penuntutan terhadap Manafort.

Dia juga bisa berkontribusi pada bagian lain dari penyelidikan. Tim Mueller awalnya mencari bantuan Gates untuk menyelesaikan misi utamanya dalam menyelidiki kampanye dan kolusi Rusia, CNN melaporkan pada bulan Maret. bestprofit

Jaksa belum mengatakan secara terbuka apa yang akan mereka lakukan dengan koneksi Rusia Manafort selama kampanye. Pengacaranya telah mengatakan di pengadilan bahwa mereka percaya Mueller terus menyelidiki dia.

Lalu ada orang Rusia. Peretasan Partai Demokrat dan kampanye Clinton selama 2016 jatuh ke tangan Mueller sejak awal. Tuduhan itu muncul pada 13 Juli, ketika tim Mueller menuntut 12 agen intelijen militer Rusia atas dugaan konspirasi mereka. Tetapi beberapa orang yang tidak disebutkan namanya dalam dakwaan - termasuk seorang kandidat kongres yang diduga meminta Rusia untuk email dicuri, ditambah entitas yang tampaknya WikiLeaks dan penasihat Trump Roger Stone, yang berkomunikasi dengan peretas - belum ditagih.

Tim Mueller juga mengatakan di pengadilan mengajukan Senin larut malam bahwa bahkan sebelum Mueller mulai bekerja Mei lalu, para pejabat federal mencari ke kelompok lain Rusia. Orang-orang Rusia itu, sebuah tim Rusia dan perusahaan-perusahaan Rusia yang mendistribusikan propaganda anti-Hillary Clinton melalui media sosial, sejak itu dituduh.
Itu meninggalkan beberapa kemungkinan benang yang ditarik oleh kantor Mueller dan belum selesai. Apa yang akan menjadi kasus tentang Stone, siapa yang memiliki beberapa rekannya bersaksi di hadapan grand jury Mueller? CNN melaporkan bahwa tim Mueller berada di pengadilan dengan pengacara dari mantan karyawan Stone's. Sidang tertutup selama satu setengah jam pada tanggal 18 Juli menunjukkan penyelidikan grand jury atas penindakan Batu.

Apakah ada lebih banyak lagi kesepakatan George Papadopoulos dengan kampanye yang akan dijalani Mueller? Publik kemungkinan akan belajar lebih banyak pada bulan September tentang kerja sama Papadopoulos dengan kantor penasihat khusus, sebelum dan ketika dia dijatuhi hukuman. Papadopoulos mengaku bersalah karena berbohong kepada penyelidik tentang kontaknya dengan pejabat kampanye Trump dan agen Rusia yang dicurigai. Ketika dia bekerja pada kampanye Trump dan sebelum para peretas membocorkan materi yang mereka curi, Papadopoulos dilaporkan mengetahui bahwa Rusia dapat menawarkan "kesukaran politik" pada Hillary Clinton. Itu belum mengikat kembali ke kasus Mueller terhadap para peretas yang menyebarkan "kotoran" itu. bestprofit

Akhirnya, apa yang Mueller temukan tentang pertemuan Trump Tower Juni 2016 antara pejabat kampanye utama dan Rusia?

Dalam makalah pengadilan Senin terkait dengan troll pertanian Rusia, tim Mueller menulis tentang bagaimana penyelidikan mereka akan mencapai akhir yang pasti.

Ketika itu terjadi, Mueller harus memberikan kepada Wakil Jaksa Agung Rod Rosenstein sebuah laporan rahasia yang menjelaskan keputusannya untuk mengadili atau tidak untuk menuntut. Rosenstein akan menandatangani setiap kasus kriminal potensial dan harus memberi tahu Kongres jika Departemen Kehakiman memutuskan untuk tidak melanjutkan kasus yang direkomendasikan oleh kantor Mueller.

Tim Mueller mengakui bahwa pekerjaan mereka selalu bisa dipotong pendek - jika Rosenstein membuatnya demikian. Mueller dapat dipecat karena kesalahan atau "alasan baik," seperti melanggar kebijakan Departemen Kehakiman, atau Rosenstein dapat memilih untuk mengakhiri penyelidikan.

Ada satu cara lagi agar penyelidikan Mueller berakhir secara alami: Jika Rosenstein ingin, dia bisa membiarkannya berakhir pada akhir tahun fiskal pemerintah federal, yaitu 30 September, menurut pengajuan pengadilan.

"Penasihat khusus yang ditunjuk berdasarkan peraturan itu dapat diharapkan memiliki waktu terbatas dan penyelidikan merupakan titik akhir yang pasti," jaksa menulis. "Jangka hidup dan ruang lingkup penyelidikan setiap saat berada dalam kendali [Jaksa Agung]." bestprofit

Sumber : CNN