Tuesday 19 March 2024

Best Profit | Dolar Memperoleh Kekuatan Saat The Fed Diprediksi Tidak Mengubah Suku Bunga, Harga Emas Terkoreksi Turun

Best Profit (20/3) – Emas mengalami penurunan pada hari Selasa (19/3) karena penguatan dolar yang signifikan, seiring dimulainya pertemuan dua hari Komite Kebijakan Federal Reserve. Emas untuk penyerahan Juni ditutup turun sebesar US$4,70, berakhir di US$2.181,20 per ons. Pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) ini diprediksi akan mempertahankan suku bunga tidak berubah, dengan konferensi pers oleh Ketua The Fed Jerome Powell dijadwalkan setelah pertemuan berakhir pada hari Rabu.

Tidak Ada Perubahan dalam Suku Bunga yang Diperkirakan

Bank sentral diperkirakan akan mempertahankan suku bunga yang tidak berubah, meskipun permintaan untuk penurunan suku bunga telah diutarakan oleh sejumlah pedagang. Namun, langkah-langkah inflasi yang masih menunjukkan angka di atas target The Fed sebesar 2% membuat bank sentral enggan untuk menurunkan suku bunga. Meskipun demikian, pasar akan memperhatikan petunjuk kapan pemotongan suku bunga mungkin dimulai.

Penguatan Dolar Membuat Emas Lebih Mahal bagi Pembeli Internasional

Penguatan tajam dolar menyebabkan indeks dolar ICE naik 0,4 poin menjadi 103,83. Hal ini membuat harga emas lebih mahal bagi pembeli internasional, karena harga emas yang dihargai dalam dolar menjadi lebih tinggi. Kenaikan dolar ini terjadi seiring dengan suku bunga yang tetap tinggi.

Imbal Hasil Treasury Melemah

Meskipun dolar menguat, imbal hasil Treasury melemah, yang pada gilirannya menjadi faktor bullish untuk logam mulia seperti emas. Imbal hasil surat utang AS bertenor dua tahun terakhir terlihat turun menjadi 4,704%, dengan penurunan sebesar 4,3 basis poin. Sementara itu, imbal hasil obligasi 10 tahun juga turun sebesar 3,3 basis poin menjadi 4,301 %.

Sentimen Pasar dan Harapan

Meskipun harga emas mengalami penurunan, beberapa analis percaya bahwa sentimen pasar masih tetap optimis terhadap logam mulia ini. Harapan akan kebijakan moneter yang lebih akomodatif dari Federal Reserve di masa mendatang masih menjadi dorongan bagi investor untuk memegang emas sebagai aset safe haven. bestprofit

Proyeksi Harga Emas

Sementara itu, proyeksi harga emas masih menjadi subjek perdebatan di antara para analis. Meskipun saat ini terjadi penurunan, beberapa analis memperkirakan bahwa dengan adanya ketidakpastian global yang terus berlanjut dan potensi ketegangan geopolitik yang mungkin muncul, harga emas masih memiliki potensi untuk mengalami kenaikan di masa mendatang.

Kesimpulan

Penguatan dolar dan ekspektasi pertemuan FOMC yang tidak memberikan sinyal perubahan suku bunga telah menyebabkan harga emas mengalami penurunan pada hari Selasa. Meskipun demikian, faktor-faktor seperti imbal hasil Treasury yang melemah masih memberikan dorongan bagi harga emas. Sentimen pasar yang tetap optimis terhadap emas sebagai safe haven juga mempengaruhi persepsi investor terhadap logam mulia ini. best profit malang

best profit, bestprofit, pt bestprofit, pt best profit, best, pt best, bpf

pt bpf, bestprofit futures, pt bestprofit futures, Bestprofit futures, pt best profit futures