Monday 11 April 2016

Bursa AS Ditutup Turun Dengan Dollar Jatuh Sementara Minyak Menguat

BESTPROFIT FUTURES MALANG (12/4) - Bursa saham AS jatuh, menghapus keuntungan karena kenaikan dalam ekuitas global terhenti sebelum dimulainya laba musiman Amerika yang diperkirakan menjadi yang terburuk sejak krisis keuangan. Dolar turun ke level terendah sembilan bulan, membuat harga komoditas meningkat.
Indeks Standard & Poor 500 naik sebanyak 0,7 persen sebelum berbalik negatif dalam setengah jam terakhir perdagangan. Alcoa Inc memulai musim laporan laba setelah pasar saham ditutup, dengan keuntungan S&P 500 diperkirakan akan turun 10 persen. Saham-saham Peru mengalami kenaikan terbesar sejak 2008 setelah dua kandidat yang ramah dengan pasar dibuat untuk melakukan putaran kedua pemungutan suara presiden. Saham Asia dan Eropa naik sebelumnya, dan minyak mentah naik di atas $ 40 per barel. Indeks Bloomberg Dollar Spot memperpanjang kerugian yang terbesar sejak Juni.
Kekhawatiran bahwa pertumbuhan global terus melambat bahkan setelah bank sentral meningkatkan upaya untuk merevitalisasi itu telah melemahkan ekuitas dari momentum menuju ke musim laba kuartal pertama. Analis memproyeksikan keuntungan untuk perusahaan di S&P 500 akan terkontraksi 10 persen, dibandingkan dengan seruan untuk pertumbuhan laba yang datar pada awal tahun ini. Perusahaan Eropa juga akan mulai melaporkan dalam minggu ini, dengan laba pada perusahaan di Indeks Stoxx 600 Eropa diperkirakan akan menyusut pada tahun 2016, membalikkan seruan laba sebelumnya untuk meningkatkan.
Indeks S&P 500 merosot 0,3 persen pada pukul 16:00 sore di New York, setelah turun 1,2 persen pada pekan lalu dalam penurunan curam sejak Februari lalu. Setelah awal tahun yang menggemparkan untuk membuat indeks jatuh sebanyak 11 persen pada pertengahan bulan Februari, ekuitas AS sekarang hampir tidak berubah terhadap optimisme bahwa dukungan bank sentral akan cukup untuk mendukung pertumbuhan.(frk)
Sumber: Bloomberg