Monday 4 September 2017

Best Profit Malang | Korea Selatan Melakukan Latihan Tembak-menembak Sebagai Respons Terhadap Uji Coba Nuklir Utara

Best Profit Malang (5/9) - Militer Korea Selatan melakukan latihan live-fire Senin pagi untuk menanggapi uji coba nuklir Korea Utara terbaru.

Latihan gabungan, yang dilakukan oleh tentara dan angkatan udara Korea Selatan dan dimaksudkan untuk mensimulasikan serangan di lokasi uji coba nuklir Korea Utara, melibatkan rudal balistik permukaan-ke-permukaan dan jet tempur F-15K yang memukul sasaran di lepas pantai timur Korea Selatan , menurut sebuah pernyataan Kepala Staf Gabungan negara tersebut.

Apa yang terjadi:

- Korea Utara mengatakan pihaknya berhasil melakukan uji coba bom hidrogen pada hari Minggu - uji coba nuklir keenam negara tersebut.

- Ledakan tersebut menciptakan gempa berkekuatan 6,3, menjadikannya senjata paling kuat yang pernah diuji Pyongyang.

- Beberapa jam sebelum pengujian, media pemerintah Korea Utara merilis gambar pemimpin negara tersebut, Kim Jong Un memeriksa apa yang diklaimnya sebagai hulu ledak nuklir yang ditempatkan di dalam rudal.

Perkembangan terakhir:

- Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengatakan bahwa dia sedang menyusun sanksi keras terhadap Korea Utara, menambahkan "ini bukan saatnya untuk sekedar berbicara.
- Presiden AS Donald Trump meninggalkan sebuah kebaktian gereja untuk korban Badai Harvey, dia ditanya oleh seorang reporter jika Amerika Serikat akan menyerang Korea Utara. "Kita lihat saja nanti," jawab Trump.

- Menteri Pertahanan AS James Mattis mengatakan kepada wartawan di depan Gedung Putih bahwa ada ancaman ke Amerika Serikat, sekutunya atau wilayahnya "akan disambut dengan sebuah respon militer yang besar, sebuah respon yang efektif dan luar biasa." Dia menambahkan: "Kim Jong Un harus memperhatikan suara bersatu Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa Semua anggota dengan suara bulat menyetujui ancaman yang diajukan oleh Korea Utara dan mereka tetap sepakat dalam komitmen mereka untuk denuklirisasi Semenanjung Korea ... Kami tidak melihat untuk penghancuran total sebuah negara, yaitu Korea Utara, tapi seperti yang saya katakan, kami memiliki banyak pilihan untuk melakukannya. " best profit

- Trump membawa ke Twitter setelah pengumuman tersebut dan mengatakan "kata-kata dan tindakan Korea Utara terus menjadi sangat bermusuhan dan berbahaya bagi Amerika Serikat." Dia menambahkan bahwa Pyongyang telah menjadi "ancaman besar dan malu bagi China, yang berusaha membantu namun dengan sedikit keberhasilan"; memperingatkan Korea Selatan bahwa "pembicaraan tentang perizinan dengan Korea Utara tidak akan berjalan" dan mengatakan Washington sedang mempertimbangkan untuk "menghentikan semua perdagangan dengan negara manapun yang melakukan bisnis dengan Korea Utara."

- Presiden China Xi Jinping, yang menjadi tuan rumah KTT keuangan internasional, mengatakan dalam sebuah pidato pembukaan bahwa "konflik tak henti-hentinya di beberapa bagian dunia dan isu-isu hotspot merupakan tantangan bagi perdamaian dunia," menurut sebuah transkrip yang diterbitkan oleh negara China media.

- Perdana Menteri Jepang mengatakan ancaman terhadap negaranya sekarang "lebih serius dan akan segera terjadi"; Presiden Korea Selatan Moon Jae-in menyebutnya sebagai sebuah kesalahan strategis yang tidak masuk akal. " best profit

Sesi darurat

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa António Guterres mengatakan bahwa tes tersebut "sangat mendestabilkan keamanan regional," dan Dewan Keamanan PBB telah menjadwalkan sebuah pertemuan darurat untuk membahas masalah tersebut pada hari Senin pukul 10 pagi.

Dewan Keamanan juga bertemu pekan lalu setelah Korea Utara menembak sebuah rudal yang meluap di utara pulau Hokkaido di Jepang. Meskipun satu-satunya yang datang dari pertemuan itu adalah sebuah pernyataan yang sangat keras, Dewan Keamanan dengan suara bulat mengeluarkan sebuah babak baru sanksi pada awal Agustus. Mereka dimaksudkan untuk mencekik kemampuan Korea Utara untuk menghasilkan pendapatan di seluruh dunia.

"Selama berbulan-bulan Korea Utara menahan diri untuk tidak melakukan uji coba nuklir dan meluncurkan misil ke Jepang," kata David Wright, co-director dari Union of Concerned Scientists Global Security Program. "Sekarang tampaknya telah memutuskan untuk menghentikan pengekangan itu."

Tidak jelas apakah babak baru sanksi sedang berjalan, namun Jepang dan Korea Selatan telah memberi sinyal bahwa mereka mendukung penerapan lebih banyak tekanan diplomatik terhadap Pyongyang.

Namun, perpecahan yang nyata telah muncul antara Washington dan Seoul ketika menyangkut bagaimana sebenarnya dunia harus menanggapi langkah terbaru Korea Utara. best profit

Setelah mencontohkan Presiden Trump pada peresmian Korea Selatan, kantor Presiden Korea Selatan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka akan "mengejar denuklirisasi Semenanjung Korea melalui perdamaian dengan sekutu kami."
Presiden saat ini Moon Jae-in, yang terpilih pada bulan Mei, dipandang lebih terbuka untuk berdialog daripada pendahulunya yang hawkish.

China, yang dipandang lama sebagai satu-satunya sekutu regional Korea Utara, juga mengecam ujian tersebut.

"Kami sangat mendesak pihak Korea Utara untuk menghadapi keinginan perusahaan masyarakat internasional mengenai denuklirisasi semenanjung, mematuhi resolusi Dewan Keamanan PBB yang relevan, berhenti melakukan tindakan yang salah yang memperburuk situasi dan tidak berada dalam kepentingannya sendiri, dan kembali ke jalur penyelesaian masalah ini melalui dialog, "kata Kementerian Luar Negeri China. best profit

Kesuksesan sempurna

Uji coba Korea Utara dilakukan beberapa jam setelah media pemerintah merilis gambar pemimpin Kim Jong Un yang memeriksa apa yang dikatakannya sebagai bom hidrogen yang siap untuk mencapai sebuah ICBM, dimana negara tersebut perlu mengirimkan hulu ledak nuklir ke lokasi yang jauh.

Juru bicara berita negara Ri Chun Hee memuji tes tersebut sebagai "kesuksesan sempurna" dan langkah terakhir dalam mencapai "kekuatan nuklir negara," yang oleh Korea Utara dianggap penting untuk mencegah lawan dari invasi atau usaha perubahan rezim.

Analis telah mengatakan selama berbulan-bulan bahwa tes nuklir lain mungkin sedang dalam perjalanan, dengan citra satelit yang mengungkapkan bahwa sebuah terowongan telah digali awal tahun ini.

Dan negara ini telah bertahun-tahun mengerjakan miniatur hulu ledak nuklir sehingga bisa dipasang di atas rudal jarak jauh dan bertahan dalam proses panas intensif memasuki kembali atmosfer bumi.

Korut mengklaim perangkat yang diuji pada hari Minggu adalah bom hidrogen, jenis senjata nuklir yang jauh lebih hebat yang menggunakan fusi dan bukan fisi untuk meningkatkan hasil ledakan, atau kekuatan destruktif. Hal ini juga dikenal sebagai bom termonuklir.

Meskipun hampir tidak mungkin untuk memverifikasi klaim Korea Utara bahwa senjata itu cukup kecil untuk dimasukkan ke dalam rudal - karena para ahli independen memeriksa tes tersebut - getaran yang mengikuti ledakan tersebut dapat membantu ilmuwan menghitung seberapa kuat ledakan itu. Negara lain juga akan mengambil sampel udara untuk mengukur tingkat radiasi, yang juga akan menawarkan rincian penting.

NORSAR, sebuah kelompok yang berbasis di Norwegia yang memantau uji coba nuklir, memperkirakan memiliki hasil ledakan 120 kiloton - yang berarti kekuatan 120.000 ton TNT.

Pejabat Korea Selatan memberikan perkiraan yang lebih sederhana yaitu 50 kiloton.
Untuk memasukkannya ke dalam konteks, bom nuklir tersebut jatuh di Hiroshima pada tahun 1945 - yang langsung membunuh 80.000 orang - menciptakan hasil sebesar 15 ton.

Republik Demokratik Rakyat Korea, seperti yang diketahui secara resmi, mengklaim bahwa pihaknya memulai sebuah bom hidrogen dalam uji coba nuklir kelima pada tanggal 9 September tahun lalu. Tanggal itu adalah liburan Hari Foundation di negara itu.

Ledakan tersebut memicu peristiwa seismologi seukuran 5,3 skala Richter; yang mengatakan data tersebut menunjukkan bahwa peledakan tersebut kemungkinan besar adalah senjata fisi yang diperkuat. best profit
Sumber : CNN