Wednesday 6 September 2017

PT Bestprofit Malang | Dunia Muslim mengecam perlakuan Myanmar atas Rohingya

PT Bestprofit malang (7/9) - Myanmar menghadapi kutukan yang meningkat dari dunia Muslim atas kegagalannya menghentikan kekerasan yang ditujukan kepada minoritas kelompok etnis Rohingya, di tengah demonstrasi di seluruh dunia.

Sejauh ini, sekitar 123.600 Rohingya telah melarikan diri ke negara tetangga Bangladesh untuk menghindari meningkatnya kekerasan di negara bagian Rakhine asli mereka, menurut seorang pejabat Perserikatan Bangsa-Bangsa di Bangladesh.

Pemimpin negara dengan populasi mayoritas Muslim termasuk Malaysia, Indonesia, Bangladesh dan Pakistan telah memimpin upaya untuk meningkatkan tekanan pada pemerintah Myanmar.

Menteri luar negeri Malaysia memanggil dubes Myanmar untuk mengungkapkan keprihatinannya, menurut berita Bernama yang dikelola negara, dan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi mengadakan pembicaraan Senin dengan Aung San Suu Kyi, pemimpin de facto Myanmar. Marsudi dijadwalkan bertemu dengan rekannya di ibukota Bangladesh, Dhaka, Selasa.

"(Indonesia) berbicara tidak hanya atas nama keprihatinan Muslim global tapi juga ASEAN (Asosiasi Negara-negara Asia Tenggara). Ini terasa sangat mendesak," kata Herve Lemahieu, rekan peneliti di Lowy Institute di Sydney, kepada CNN. pt bestprofit

Sebaliknya, para pemimpin Barat sejauh ini tampaknya enggan untuk berbicara keras mengenai masalah ini. Menurut Lemahieu, perhatian dunia Barat masih tetap di tempat lain di Asia, mengenai kebuntuan nuklir di Korea Utara.

"Di sisi lain, orang-orang, terutama di Barat, terbelah antara kasih sayang mereka dengan penyebab Aung San Suu Kyi dan kemudian menjadi kenyataan yang sangat berdarah," katanya.

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Antonio Guterres mengeluarkan sebuah pernyataan pada hari Selasa bahwa dia "sangat prihatin dengan situasi keamanan, kemanusiaan dan hak asasi manusia di negara bagian Rakhine di Myanmar."

Guterres mengatakan "pihak berwenang di Myanmar harus mengambil tindakan tegas untuk mengakhiri lingkaran kekerasan yang kejam ini dan untuk memberikan keamanan dan bantuan kepada semua pihak yang membutuhkan."

Juga Selasa, UNICEF mengeluarkan sebuah pernyataan yang mengatakan bahwa, dari Rohingya yang telah menyeberang ke Bangladesh, "sebanyak 80% di antaranya adalah perempuan dan anak-anak." pt bestprofit

"Di Bangladesh, UNICEF meningkatkan responsnya untuk memberi perlindungan kepada anak-anak pengungsi, gizi, kesehatan, air dan sanitasi," kata organisasi tersebut.

Pemerintah Myanmar, yang juga dikenal sebagai Burma, menyalahkan "teroris" karena memulai kekerasan tersebut. Militan Rohingya membunuh 12 petugas keamanan dalam serangan pos perbatasan hampir dua pekan lalu, menurut media pemerintah, yang mengintensifkan tindakan keras terbaru tersebut.

Rohingya, yang ditolak kewarganegaraan oleh Myanmar, dianggap sebagai orang paling teraniaya di dunia. Negara yang mayoritas penduduknya beragama Buddha mengatakan mereka orang Bangladesh dan Bangladesh mengatakan bahwa mereka orang Burma.

Ini adalah kedua kalinya dalam waktu kurang dari setahun bahwa sebuah tindakan keras militer telah menyebabkan eksodus massal.

Phil Robertson, wakil direktur Human Rights Watch, mengatakan sementara upaya dilakukan oleh PBB dan melalui jalur diplomatik, lebih banyak negara perlu berbicara.

"Negara-negara dapat mengatakan lebih banyak dan mereka harus mengatakan lebih banyak. Pemerintah Burma melihat hal-hal ini dan mereka menghitung apa yang orang katakan secara terbuka dengan apa yang mereka katakan secara pribadi," katanya. pt bestprofit

Protes di seluruh dunia untuk Rohingya

Dalam solidaritas dengan minoritas Muslim, puluhan ribu orang bergerak melalui ibu kota Republik Chechnya Grozny.

Menurut sebuah pernyataan pemerintah, protes di Chechnya, yang merupakan bagian dari Federasi Rusia, dihadiri oleh lebih dari satu juta orang.

Protes di Chechnya diatur secara ketat dan biasanya diatur oleh pihak berwenang, kata mantan Kepala Biro Moskow Jill Dougherty, yang menambahkan bahwa demonstrasi tersebut dapat menjadi upaya pemimpin Chechnya Ramzan Kadyrov untuk menempatkan dirinya sebagai pemimpin Muslim global.

Di akun Instagram resminya, Kadyrov memberi label serangan terhadap Rohingya sebagai "genosida."

Ada laporan demonstrasi kecil di luar kedutaan besar Myanmar di negara-negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia, Pakistan, Jerman dan Australia.

Menteri Luar Negeri Pakistan Khawaja Muhammad Asif pada hari Senin menyatakan "kesedihan mendalam" atas kekerasan yang terus berlanjut, yang dia sebut "menyedihkan".
Bahkan Taliban Afghanistan mengeluarkan sebuah pernyataan menentang pertumpahan darah tersebut, menggunakan salurannya di aplikasi Telegram.

"Kami juga menyerukan kepada umat Islam di seluruh dunia untuk tidak melupakan saudara tertindas Anda ini," baca pesannya.

Perdana Menteri India Narendra Modi dijadwalkan tiba di Myanmar pada hari Selasa untuk melakukan pembicaraan dengan pimpinan negara tersebut, termasuk Suu Kyi, namun para analis mengatakan tidak jelas seberapa besar prioritas Rohingya.

Kunjungan tersebut dijadwalkan sebelum wabah kekerasan terakhir.

"Sejauh menyangkut isu Rohingya, ya, ini adalah masalah bagi Myanmar, ya, ini adalah masalah bagi kawasan ini, termasuk India, dan dalam diskusi dengan mitranya saya yakin dia akan mengemukakan masalah ini. , "kata K. Yhome, rekan senior di Observer Research Foundation India.

Pengungsi terjebak, ribuan orang melarikan diri

Pengungsi Rohingya terus mencurahkan seluruh perbatasan ke Bangladesh sejak pecahnya kekerasan terakhir pada 25 Agustus, menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Berbicara pada hari Jumat, juru bicara Guterres mengatakan bahwa kepala PBB "sangat prihatin" dan mendesak agar tenang.

Gambar satelit yang dikeluarkan oleh Human Rights Watch menunjukkan bahwa seluruh desa terbakar habis dalam bentrokan yang sedang berlangsung antara pasukan militer Myanmar dan militan Rohingya. pt bestprofit

Pengungsi membawa serta cerita mengerikan tentang kehancuran dan pembunuhan dari dalam Negara Bagian Rakhine. "Semua, hancur oleh militer Sekarang kita tanpa makanan atau selimut ... Genosida terjadi di sana," pengungsi Mohammed Harun mengatakan kepada CNN.

Tepat di seberang perbatasan, para aktivis mengklaim setidaknya 30.000 pengungsi lainnya terjebak di pegunungan di sepanjang sungai Naf, tidak dapat menyeberang ke Bangladesh namun takut untuk kembali ke rumah.

Video yang diberikan kepada CNN oleh para aktivis menunjukkan pria, wanita dan anak-anak terdampar di hutan lebat, membuat tempat penampungan dari tongkat dan lembaran kayu. pt bestprofit

"Kehidupan manusia yang paling rentan harus segera dilepaskan tanpa penundaan," kata direktur eksekutif Jaringan Hak Asasi Manusia Burma (BHRN), Kyaw Win, dalam sebuah pernyataan.

Di tengah demonstrasi tersebut, BHRN mengeluarkan sebuah laporan baru dalam penganiayaan metodis terhadap minoritas Rohingya oleh pemerintah Myanmar.

"Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) tidak pernah berbicara membela hak asasi manusia pemerintah Rohingya dan Daw Aung San Suu Kyi telah menerapkan semua hukum dan kebijakan yang mendiskriminasikan Rohingya," kata kesimpulan laporan tersebut.

Dalam penulisan laporan tersebut, para aktivis tersebut melakukan lebih dari 350 wawancara selama periode delapan bulan dari orang-orang di seluruh Myanmar, termasuk di dalam Negara Bagian Rakhine, di mana akses sering dibatasi.

Di antara mereka yang diwawancarai adalah saksi terhadap tindakan militer Myanmar 2016, yang menyebabkan eksodus pengungsi melintasi perbatasan ke Bangladesh.

"Militer memasuki dusun kami, mengumpulkan semua wanita dan membawa mereka ke ... hutan," dua saudara perempuan berusia 16 dan 14 tahun kepada pewawancara setelah tiba di Bangladesh.

"Mereka memukul beberapa wanita dengan sangat buruk saat bertanya, 'Di mana senjata yang diambil dari barak kami? Beritahu kami atau kami akan memperkosa Anda dan membunuh Anda'."

Yang lainnya menggambarkan kampanye pencurian dan penghancuran harta benda yang telah diarahkan pada Rohingya.

"Mereka mengikat orang ke tiang di dalam rumah kemudian membakar rumah-rumah," Win Maw yang berusia 13 tahun mengatakan kepada pewawancara, menambahkan bahwa dia tidak tahu apakah orang tuanya masih hidup atau meninggal. pt bestprofit
Sumber : CNN