Tuesday 12 December 2023

Best Profit | Emas Merosot Meski Dolar Melemah Pasca Data Inflasi AS Turun

Best Profit (13/12) – Emas mengalami penurunan tipis pada hari Selasa (12/12), bertahan di bawah level $2.000 meski dolar melemah setelah AS melaporkan penurunan inflasi utama pada bulan November. Penyerahan emas untuk Februari menutup perdagangan dengan penurunan sebesar $0,50, bertengger di level $1.993,20 per ons.

Inflasi AS dan Dampaknya pada Pasar Emas

Penurunan ini beriringan dengan laporan Amerika Serikat yang mencatatkan inflasi umum turun menjadi 3,1% secara tahunan di bulan November, dari 3,2% di bulan Oktober. Meskipun begitu, inflasi inti, yang tidak memasukkan bahan pangan dan energi, tidak mengalami perubahan dan tetap pada angka 4%. Kedua pembacaan tersebut sesuai dengan perkiraan yang telah diantisipasi oleh Marketwatch.

Baca Juga : Emas Merosot Meski Dolar Melemah Pasca Data Inflasi AS Turun

Baca Juga : Melihat Penurunan Drastis Minyak Mentah: Faktor Permintaan, Geopolitik, dan Inflasi AS

Antisipasi Pertemuan Kebijakan Federal Reserve

Sementara itu, Komite kebijakan Federal Reserve dijadwalkan untuk memulai pertemuan dua hari pada hari Selasa. Proyeksi besarannya, pertemuan ini diprediksi tidak akan menghasilkan perubahan suku bunga. Namun, para investor akan memperhatikan sinyal-sinyal dari bank sentral terkait proyeksi mereka kapan akan mulai menurunkan suku bunga, seiring terus menurunnya tingkat inflasi yang mendekati target 2%.

Pergerakan Dolar dan Imbal Hasil Treasury

Dampak dari data inflasi AS juga tercermin pada pergerakan dolar. Indeks dolar ICE terakhir menunjukkan pelemahan sebesar 0,24 poin, mencapai angka 103,85.

Imbal hasil Treasury pun mengalami variasi. Obligasi dua tahun AS terakhir terlihat membayar 4,714%, naik sebesar 0,8 basis poin. Sementara itu, imbal hasil obligasi 10 tahun turun sebesar 3,3 basis poin menjadi 4,204%. best profit

Analisis Dampak Inflasi Terhadap Emas dan Pasar Keuangan

Inflasi yang melandai di AS pada bulan November telah memberikan pengaruh yang berbeda terhadap berbagai aset, termasuk emas dan nilai tukar mata uang. Meski emas mengalami penurunan tipis, penurunan inflasi cenderung memberikan dorongan bagi nilai aset lindung tersebut.

Dampak Pada Investasi Emas

Meskipun terjadi penurunan pada harga emas dalam sesi perdagangan yang berlangsung, investor cenderung tetap mempertahankan ketertarikan pada logam mulia ini. Emas sering dianggap sebagai tempat perlindungan terhadap inflasi yang meluas dan fluktuasi mata uang.

Prospek Kebijakan Federal Reserve

Sinyal dari Federal Reserve yang menunjukkan kesediaan untuk menyesuaikan suku bunga dapat memberikan dorongan positif bagi pasar emas. Namun, prospek kebijakan ini masih menjadi pusat perhatian bagi para pelaku pasar keuangan, karena kebijakan suku bunga yang diketahui dapat mempengaruhi pergerakan emas.

Kesimpulan

Meski emas mengalami penurunan tipis dalam sesi perdagangan pada hari Selasa setelah AS melaporkan penurunan inflasi, logam mulia ini tetap bertahan di bawah level $2.000. Antisipasi kebijakan Federal Reserve dan reaksi pasar terhadap data inflasi AS menjadi fokus utama dalam menentukan arah pergerakan emas dan pasar keuangan secara keseluruhan dalam periode mendatang. best profit