Monday 2 October 2017

PT Bestprofit | Detektor baru mengungkapkan bencana kosmik

PT Bestprofit (3/10) - Setiap kali sebuah teleskop baru telah dinyalakan, kita telah belajar sesuatu yang mendasar tentang alam semesta kita.

Teleskop pertama Galileo melihat bulan Jupiter dan selamanya menghancurkan gagasan bahwa Bumi berada di pusat alam semesta. Edwin Hubble menggunakan Mount Wilson Observatory pada tahun 1917 untuk menunjukkan bahwa galaksi lain ada dan bahwa Bima Sakti hanyalah satu dari banyak.

Satelit Vela yang mengorbit bumi pada tahun 1960 dirancang untuk mendeteksi sinar gamma yang menyertai ledakan nuklir. Mereka bekerja untuk tujuan itu, tapi mereka juga menemukan ledakan sinar gamma dari luar angkasa, yang akhirnya diidentifikasi sebagai ledakan bintang yang begitu keras sehingga bisa terlihat di seluruh jagat raya.

Rabu, para ilmuwan membuat pengumuman penting yang dihasilkan dari bentuk "teleskop" terbaru - detektor gelombang gravitasi. Apa yang mereka ungkap adalah pengamatan bencana kosmik. pt bestprofit

Secara harfiah lama dan di galaksi yang jauh, jauh, dua lubang hitam, terkunci selama ribuan tahun dalam tarian kematian, akhirnya terbentur satu sama lain. Selama beberapa milidetik, energi setara dengan massa bintang tiga seukuran matahari kita dilepaskan sebagai gelombang gravitasi yang meraung di alam semesta.

Gelombang gravitasi terjadi saat kain ruang dan waktu terdistorsi oleh pergerakan massa yang besar. Keberadaan mereka diprediksi pada tahun 1916 oleh Albert Einstein. Dalam pengumuman ini, lubang hitam dengan massa 31 dan 25 massa matahari tergabung dalam lubang hitam yang lebih besar dengan massa 53 kali dari matahari kita.

Untuk sekejap itu, energi gravitasi yang dipancarkan oleh tumbukan itu menguraikan semua cahaya yang dipancarkan oleh semua galaksi di seluruh alam semesta yang dikenal. Setelah menempuh perjalanan sekitar 1,8 miliar tahun cahaya, teriakan kematian kedua bintang kuno ini melewati Bumi.

Pada tanggal 14 Agustus, tiga detektor mencatat arus gelombang gravitasi ini. Dua detektor di Amerika Serikat - satu di Hanford, Washington, dan yang lainnya di Livingston, Louisiana - disebut Observatorium Gelombang Gravitasi-Gelombang Laser Interferometer, atau LIGO. Detektor lainnya, yang terletak di dekat Pisa, Italia, disebut Virgo. pt bestprofit

Ketiga detektor berbentuk L, dengan masing-masing kaki panjangnya sekitar dua mil. Dengan menggunakan laser dan cermin, potongan peralatan ilmiah yang fenomenal ini dapat mengukur perubahan kecil pada panjang kaki detektor dan mengidentifikasi gelombang gravitasi.

Pada bulan Februari 2016, pengamatan langsung pertama terhadap gelombang gravitasi dilakukan dengan hanya menggunakan dua detektor LIGO, diikuti pengumuman kedua pada bulan Juni 2016. Karena Virgo sedang menjalani upgrade ekstensif, ia tidak beroperasi selama pengamatan pertama ini.

Upgrade Virgo selesai dan fasilitas mulai beroperasi 1 Agustus, dan dengan demikian juga mencatat gelombang gravitasi 14 Agustus.

Penambahan fasilitas ketiga merupakan peningkatan kemampuan yang sangat besar. 

Seperti seismograf di Bumi, detektor gelombang gravitasi tidak berarah dan secara individual tidak dapat menentukan lokasi dari mana gelombang gravitasi berasal. Namun, dengan menggunakan beberapa detektor dan mencatat dengan saksama waktu kedatangan gelombang gravitasi pada masing-masing detektor, ilmuwan dapat melakukan triangulasi dan sangat memperbaiki presisi arah pengukuran.

Dengan memasukkan Virgo dengan dua pengukuran LIGO, pengukuran ilmuwan terhadap lokasi di langit dari mana gelombang terbentuk meningkat sepuluh kali lipat. Sebuah fasilitas tambahan yang diusulkan di India bernama Indigo yang merupakan salinan tepat dari peralatan LIGO akan menghasilkan peningkatan yang lebih besar jika dibangun. pt bestprofit

Lalu mengapa observatorium gelombang gravitasi menarik?

Nah, jawaban yang paling sederhana adalah mereka dapat memverifikasi bahwa teori relativitas umum Einstein benar, tapi itu sebenarnya bukan yang sangat memuaskan. Sudah ada banyak tes relativitas umum lainnya, termasuk fakta sederhana bahwa GPS di telepon Anda tidak akan berfungsi jika teorinya tidak benar.

Jawaban yang lebih baik melibatkan astronomi. Lubang hitam itu hanya itu - hitam. Mereka adalah mayat bintang-bintang yang mati, begitu masif dan kompak sehingga cahaya pun tidak bisa lepas dari mereka. Mereka benar-benar tidak dapat dilihat, dan sebelum LIGO datang online, keberadaan mereka hanya dapat disimpulkan oleh efek gravitasi mereka pada tetangga mereka atau karena cahaya (sering sinar-X) yang dipancarkan oleh gas panas yang jatuh ke dalam lubang hitam.

Tapi lubang hitam yang terisolasi tak terlihat. Ini berinteraksi melalui gravitasi dan, bahkan saat itu, ia hanya memancarkan radiasi gravitasi saat sedang bergerak. Jadi detektor seperti LIGO atau Virgo adalah satu-satunya cara untuk melihatnya. Mereka pada dasarnya adalah lubang hitam teleskop.

Dengan hanya beberapa pengamatan gelombang gravitasi, pengukuran LIGO telah membingungkan para ilmuwan. Sebelum tahun 2016, para astronom berpikir bahwa ada dua kelas lubang hitam: lubang hitam kelas bintang, dengan massa tidak lebih dari sekitar 10 kali dari matahari kita, dan lubang hitam raksasa yang masif di pusat galaksi dengan massa di kisaran dari ratusan ribu sampai miliaran massa matahari.

Lubang hitam dengan massa di kisaran 30 massa matahari atau jadi tak terduga. Namun, itulah yang diamati oleh LIGO (dan sekarang LIGO plus Virgo).

Jika sejarah mengajarkan sesuatu kepada kita, itu adalah teleskop baru berarti kita harus mengharapkan yang tak terduga. Mempelajari gelombang gravitasi akan mengajarkan kita sesuatu yang tidak dapat diamati dengan cara lain. Tidak ada cara untuk mengetahui apa yang akan kita pelajari. Tapi saya yakin itu akan sangat mempesona. pt bestprofit

Sumber : CNN