Sunday 27 October 2013

Indeks Hangseng Naik Terbantu oleh Asuransi

Bursa Hong Kong bergerak pada kisaran positif di perdagangan awal pekan (28/10) lantaran terangkat oleh indeks utama Shanghai yang rally berkat penguatan sejumlah saham asuransi dan finansial.

Indeks Hang Seng (HSI) – Hong Kong tercatat menguat 0.41% atau +33.29 poin pada kisaran 22792.82. Sedangkan indeks Shanghai komposit terpantau sempat menguat sekitar 0.3% di awal perdagangan. Sementara indeks Hang Seng futures juga menguat sekitar 0.53% atau +121 poin pada area 22793.

Di lantai bursa Hang Seng tercatat saham China Life Insurance Co. menguat 2.5% di bursa Hong Kong dan naik 1.6% di bursa Shanghai setelah laba kuartalnya mengalami lonjakan. Sedangkan kuatnya earnings pada rivalnya Ping An Insurance Group, juga turut membuat sahamnya rally 2.2% di lantai bursa Hong Kong dan menguat 1.7% di Shanghai.

Sementara sektor keuangan juga turut menguat di bursa Hong Kong. Saham China Construction Bank Corp. rally 1.1% kendati mencatatkan laporan laba kuartal yang masih di bawah rata-rata ekspektasi. Sedangkan saham China Merchants Bank Co. merangkak naik 1.3% menjelang di rilisnya laporan keuangan kuartalan nya hari ini.

Selain itu, saham Zoomlion Heavy Industry Science & Technology Co. mengalami lonjakan hingga 7.8% setelah jurnalis China mengaku menerima suap untuk menulis laporan yang ‘merusak’ perusahaan. Laporan tersebut menuduh bahwa perusahaan mesin konstruksi utama itu telah melakukan penipuan akuntansi.