Thursday 20 November 2014

Indeks Topix Jepang dibuka Fluktuatif Seiring Abe Ingin Bubarkan Perlemen

BESTPROFIT FUTURES MALANG (21/11) - Indeks saham Topix Jepang bergerak fluktuatif karena yen memangkas penurunan dalam tujuh tahun terakhir terhadap dolar dan Perdana Menteri Shinzo Abe bersiap untuk membubarkan parlemen majelis rendah hari ini menjelang diadakannya pemilu.
Indeks Topix ditransaksikan pada level 1,386.86 pukul 09:02 pagi di Tokyo, berayun antara keuntungan dan kerugian kurang dari 0,1 persen. Indeks ini menuju penurunan sebesar 0,3 persen pekan ini. Indeks Nikkei 225 Stock Average turun sebesar 0,2 persen ke level 17,268.23 hari ini. Yen ditransaksikan pada level 118,18 per dolar pasca merosot ke level 118,98 kemarin, level terlemah sejak Agustus 2007 lalu.
Shinzo Abe akan membubarkan parlemen majelis rendah hari ini menjelang pemilu pada Desember mendatang, menggagalkan rencana kenaikan kedua pajak penjualan Jepang ketika ia mencoba untuk menyelamatkan program reformasi pasca rilis data minggu ini menunjukkan ekonomi terbesar kedua di Asia berada dalam resesi. Sebaliknya, harga rumah dan laporan sektor manufaktur kemarin mengisyaratkan kekuatan dalam ekonomi AS.
Jepang bersiap-siap untuk mengadakan pemilu "bisa berarti kita melihat sedikit nada hati-hati hari ini," Stan Shamu, ahli strategi pasar di Melbourne di IG Ltd, menulis dalam sebuah e-mail kepada klien. "Ini akan menarik untuk melihat bagaimana hasilnya nanti sebagai politisi cenderung mulai mendapatkan vokal."
Indeks Topix telah naik dalam tiga hari terakhir seiring Abe disebut polling, dan Bank of Japan mempertahankan janjinya untuk memperluas basis moneternya pada laju tahunan sebesar 80 triliun yen ($676 miliar). Di AS, para pembuat kebijakan menimbang komitmen mereka untuk mempertahankan tingkat suku bunga mendekati nol untuk "waktu yang cukup," menurut risalah pertemuan the Fed pada Oktober lalu. (izr)
Sumber: Bloomberg