Sunday 14 June 2015

Kegagalan Pembahasan Bailout Yunani Bayangi Pelemahan Bursa Saham Asia di Sesi Pembukaan

BESTPROFIT FUTURES MALANG (15/6) - Bursa Saham Asia dibuka melemah dengan Indeks Berjangka AS dan euro melemah, setelah pembahasan antara Yunani dan para kreditornya menemui kebuntuan terkait bantuan dana talangan (bailout). Sementara minyak memperpanjang penurunan dan obligasi Treasury AS berjangka naik.

Indeks MSCI Asia Pacific melemah 0.5% pukul 9:24 pagi ini waktu Tokyo, menghentikan kenaikan selama 3 hari seiring acian ekuitas Jepang, Australia dan Korea Selatan turun 0.4%. Indeks Berjangka Standard & Poor 500 melemah 0.4%, sedangkan kontrak obligasi AS dengan tenor 10 tahun memberi sinyal kenaikan. Di lain pihak euro turun 0.4% terhadap dolar dan yen. Minyak turun pada hari ke-3.

Negosiasi di Brussels antara Yunani dan para kreditornya pada hari Minggu kemarin menemui kebuntuan sekitar 45 menit, mengalihkan masalah terkait penemuan sebuah resolusi kepada krisis hutang Yunani terhadap pertemuan para Menteri Keuangan Zona Eropa yang akan dilaksanakan pada tanggal 18 Juni mendatang. Fokus pekan ini juga masih terkait kebijakan moneter AS, dengan Federal Reserve mengkaji kembali suku bunga pada Rabu mendatang. Data output pabrik AS akan dirilis Senin ini. (bgs)

Sumber : Bloomberg