Wednesday 3 June 2015

Saham Jepang Dibuka Menguat Diiringi Pelemahan Yen

BESTPROFIT FUTURES MALANG (4/6) - Saham Jepang naik, menuju kenaikan pertama dalam 3 hari terakhir, seiring tanda-tanda Yunani yang akan mencapai kesepakatan dengan kreditur memicu penguatan mata uang euro terhadap yen, meningkatkan prospek laba pada sektor eksportir.
Indeks Topix naik 0,2 % ke level 1,672.72 pada pukul 09:01 pagi waktu Tokyo, dengan 3 saham yang naik untuk setiap 2 saham yang turun. Indeks Nikkei 225 Stock Average menguat 0,3 % ke level 20,543.31. Sementara itu, Yen diperdagangkan pada level 124,33 per dolar dan dilevel 140,02 per euro. Sedangkan Euro melonjak setelah Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi mengatakan tingkat inflasi pada tren perusahaan dan investor berspekulasi Yunani dan kreditur akan mencapai kesepakatan.
Perkembangan positif di kawasan euro menyebabkan "penguatan euro terhadap yen," menurut Mitsushige Akino, chief executive pada Ichiyoshi Asset Management Co di Tokyo. "Dalam jangka pendek, memberikan dampak positif bagi sektor ekspor saham."
Yen telah melemah 2,7 % terhadap euro dalam 2 hari terakhir. Penurunan dipercepat setelah Draghi mengatakan inflasi akan berada pada laju yang lebih cepat di kawasan euro dalam 19 negara.
Kontrak E-mini pada Indeks Standard & Poor 500 sedikit berubah setelah alat pengukur yang mendasari kemarin mengalami kenaikan sebesar 0,2 % di New York. (knc)
Sumber : Bloomberg