Thursday 10 December 2015

Emas Menetep di Level Lebih Rendah seiring Menguatnya Sentimen Bearish

BESTPROFIT FUTURES MALANG (11/12) - Emas berjangka berakhir di level yang lebih rendah hari ini, melawan tren rekor yang telah terlihat pada gain moderat berturut logam mulia, seiring investor menjadi lebih waspada menjelang pertemuan Federal Reserve AS pekan depan.
Emas Februari merosot $ 4,50, atau 0,4%, untuk menetap di level $ 1.072 per ounce. Harga sedikit lebih tinggi selama dua sesi perdagangan terakhir. Sejauh bulan ini, logam kini telah merasakan jumlah hari kenaikan yang sama dengan ju,lah hari yang turun..
Emas cenderung diperdagangkan berlawanan dengan arah dolar, menyusul dolar yang menguat menimbulkan biaya yang lebih untuk membeli logam bagi investor yang menggunakan mata uang lainnya.
Pelaku pasar mengatakan harga emas telah terangkat di sesi terakhir oleh pelemahan terbaru dalam dolar dibandingkan dengan Euro yang naik setelah Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi membuat kecewa pasar Kamis lalu saat ia gagal untuk memberikan paket stimulus yang lebih luas dari yang pasar harapkan.
Namun, harapan bahwa Fed akan memutuskan untuk menaikkan suku bunga pada akhir pertemuan Rabu ini telah berkembang, dan menjaga sentimen emas terutama untuk bearish.
Suku bunga yang lebih tinggi meningkatkan biaya penyimpanan komoditas, dan membuat mereka kurang menarik bagi investor yang mencari hasil yang lebih baik di seluruh aset. Suku bunga yang lebih tinggi juga dapat meningkatkan dolar, yang akan membuat emas dalam mata uang dolar kurang menarik.
Pada hari Kamis, ICE US Dollar Index menuju ke level yang lebih tinggi, terbebani harga emas, tapi masih turun sekitar 0,3% untuk minggu ini sejauh ini.
Sementara itu, perak Maret kehilangan 7,9 sen, atau 0,6%, untuk berakhir pada level $ 14,11 per ounce. Tembaga Maret melemah kurang dari satu sen ke level $ 2,073 per pon. Platinum Januari kehilangan $ 9,90, atau 1,1%, ke level $ 855,90 per ounce dan paladium Maret turun $ 10,10, atau 1,8%, ke level $ 542,25 per ounce. (sdm)
Sumber: MarketWatch