Thursday 10 December 2015

Minyak Menetap pada Level di Bawah $ 37 untuk Pertama Kalinya Sejak Resesi

BESTPROFIT FUTURES MALANG (11/12) - Harga minyak menetap pada level di bawah $ 37 per barel pada hari Kamis untuk pertama kalinya sejak 2009, setelah data dari laporan dari Organization of the Petroleum Countries menunjukkan bahwa grup melakukan peningkatan produksi minyak mentahnya pada November ke level tertinggi bulanan dalam tiga tahun.
Sementara itu, Gas alam berjangka, berakhir dengan meraih kerugian setelah laporan pemerintah AS menunjukkan bahwa persediaan turun lebih dari yang diperkirakan minggu lalu, namun jumlah saham masih tetap jauh di atas level tahun lalu. Di New York Mercantile Exchange, minyak mentah West Texas Intermediate Januari kehilangan 40 sen, atau 1,1%, untuk menetap di level $ 36,76 per barel. Itu merupakan penutupan terendah untuk kontrak teraktif sejak Februari 2009 dan harga sekarang memperpanjang kerugian beruntun mereka untuk sesi kelima berturut-turut.
Minyak mentah Brent Januari di ICE Futures exchange London tergelincir 38 sen, atau 1%, ke  level $ 39,73 per barel.
Laporan bulanan OPEC mengungkapkan total produksi meningkat 230.100 barel per hari pada November dari Oktober, untuk 31.695.000 barel per hari, sebagian besar dikarenakan output yang lebih tinggi dari Irak.
Namun kartel memotong perkiraan 2016 untuk output non-OPEC sebesar 250.000 barel per hari menjadi rata-rata 57.140.000 barel per hari, mengingat bahwa produksi minyak serpih AS sudah mengalami penurunan sejak April lalu. OPEC mengatakan bahwa proses harus dipercepat, terutama dikarenakan dengan penurunan tajam harga minyak.
Laporan OPEC merupakan yang pertama sejak mereka memutuskan untuk menaikkan plafon produksinya menjadi 31,5 juta barel minyak per hari pekan lalu, untuk mencerminkan "produksi aktual saat ini," sebuah langkah yang mengirimkan harga minyak meraih penurunan. (Sdm)
Sumber: MarketWatch