Sunday 31 January 2016

Saham China Perpanjang Penurunan Bulanan Terburuk Sejak 2008

BESTPROFIT FUTURES MALANG (1/2) - Saham China jatuh, memperpanjang aksi jual bulanan paling tajam sejak krisis keuangan global, setelah indeks manufaktur resminya diluar perkiraan dan PetroChina Co yang mengatakan bahwa laba tahunan mereka mungkin telah merosot sebanyak 70 persen.
Indeks Shanghai Composite turun 0,7 persen menjadi 2,717.78 pada 09:59 pagi waktu setempat, dipimpin oleh sektor energi dan perusahaan keuangan. PetroChina, saham terbesar, jatuh 2,4 persen, sedangkan China Life Insurance Co memimpin penurunan saham keuangan setelah melaporkan laba yang mengecewakan. Indeks pembelian manajer jatuh ke level terendahnya tiga tahun terakhir dari 49,4 di bulan Januari, Biro Statistik Nasional mengatakan hari Senin ini. Angka tersebut dibandingkan dengan perkiraan rata-rata dari 49,6. Angka di bawah 50 menunjukkan penurunan.
Saham China membukukan bulan terburuk mereka sejak Oktober 2008 pada bulan Januari kemarin di tengah kekhawatiran melambatnya pertumbuhan dan volatilitas yuan akan memacu arus keluar modal. Manufaktur menghadapi tantangan yang bahkan lebih besar di tahun ini karena pemerintah yang berencana untuk mengurangi kapasitas industri yang berlebihan, sementara mata uang China yang diperdagangkan di Hong Kong melemah terkait media pemerintah memperingatkan spekulan untuk tidak melakukan penjualan singkat yuan.(mrv)
Sumber: Bloomberg