Monday 7 December 2015

Saham Eropa Rebound seiring Investor Anggap Berlebihan Gejolak Draghi

BESTPROFIT FUTURES MALANG (8/12) - Saham Eropa menguat setelah mengalami minggu terburuk mereka sejak Agustus seiring investor menganggap induksi Bank Central Eropa berlebihan.
Stoxx Europe 600 Index ditutup 0,5 persen lebih tinggi, yang merupakan kenaikan terbesar sejak 26 November ekuitas acuan ini memangkas keuntungan sebelumnya sebanyak 1,6 persen sieirng penurunan dalam harga minyak menyeret perusahaan energi berada di level yang lebih rendah. Indeks DAX Jerman membukukan kinerja terbaik di antara pasar Eropa barat menyusul lonjakan di saham produsen mobil, menutup kerugian 1,3 persen setelah penurunan 4,8 persen minggu lalu. CAC 40 Index Prancis menguat 0,9 persen.
Stoxx 600 naik 9,8 persen dari level rendah di bulan September, setelah naik sebanyak 14 persen pada level 30 November di tengah ekspektasi untuk dukungan lebih dari ECB dan seiring investor menerima kemungkinan suku bunga AS yang lebih tinggi. Sementara tindakan ECB pekan lalu mengecewakan, aksi jual selanjutnya tidak mengganggu strategi dari UBS Group AG sampai JPMorgan Chase & Co, yang berada di antara dari sedikitnya lima bank yang menjaga perkiraan bullish mereka pada saham Eropa di tengah valuasi rendah.
Kekecewaan dengan stimulus langkah-langkah ECB dan Organisasi strategi output Negara Pengekspor Minyak mengirim Stoxx 600 turun 3,4 persen pekan lalu, mengambil valuasi untuk sekitar 16 kali estimasi laba dari setinggi 16,5 pada 30 November yang dibandingkan dengan sekitar 17,7 kali untuk Indeks Standard & Poor 500.
Data pekerjaan yang lebih baik dari perkiraan yang memicu reli AS pada hari Jumat mendorong optimisme investor bahwa negara dengan ekonomi terbesar dunia itu cukup kuat untuk mengatasi biaya pinjaman yang lebih tinggi. Pedagang mengkalkulasi dalam kesempatan 76 persen untuk lepas landas kenaikan pada Desember. (Sdm)
Sumber: Bloomberg