Sunday 3 January 2016

Harga Minyak Tahun 2015 Turun Lebih 30%, Kekenyangan Global Masih Menekan Tahun 2016

BESTPROFIT FUTURES MALANG (4/1) - Harga minyak mentah ditutup menguat pada penutupan perdagangan Jumat dinihari (01/01) akhir tahun 2015 setelah rilis data menunjukkan penurunan jumlah kilang minyak mingguan, tapi masih mencatat tahun kedua penurunan tajam setelah perlombaan untuk eksplorasi oleh produsen minyak mentah Timur Tengah dan pengebor minyak serpih AS yang menciptakan kekenyangan global yang belum pernah terjadi sebelumnya yang mungkin akan berlangsung sampai tahun 2016.
Kilang minyak mentah di AS dilaporkan turun dalam 2 minggu ini, dimana saat ini jumlahnya mencapai 536, menurut Baker Hughes. Kilang minyak di AS telah jatuh pada 946 pada tahun lalu, kata Baker Hughes.
Harga patokan minyak dunia Brent dan minyak mentah AS untuk West Texas Intermediate (WTI) berjangka di akhir tahun 2015 turun lebih dari 30 persen setelah menunjukkan ketidakberdayaan Arab Saudi dan lain-lain dalam Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) untuk mendukung harga minyak.
Sementara itu, Industri minyak serpih AS, mengejutkan dunia lagi dengan kemampuannya untuk bertahan hidup.
Amerika Serikat juga mengambil langkah bersejarah dengan membatalkan larangan 40 tahun pada ekspor minyak mentah AS ke negara-negara di luar Kanada, mengakui pertumbuhan industri.
Harga minyak mentah WTI berjangka ditutup naik 44 sen, atau 1,2 persen, pada 37,04 dollar per barel. Turun 12 persen pada bulan Desember dan anjlok 31 persen untuk tahun ini, setelah kehilangan 46 persen pada tahun 2014.
Harga minyak Brent naik $ 1,05, atau 2,8 persen, pada 37,51 dollar per barel, rebound dari level terendah 11-tahun dari 36,10 dollar per barel pada awal sesi. Turun 17 persen selama satu bulan dan 36 persen untuk tahun ini. Pada tahun 2014, Brent kehilangan 48 persen.
Harga minyak Brent berbalik positif pada Kamis akibat badai ganas di Laut Utara yang memaksa perusahaan minyak untuk mengevakuasi platform dan menutup produksi pada hari Kamis di tengah kekhawatiran bahwa mereka bisa terkena tongkang hanyut yang telah rusak.
Badai yang cukup parah ini memberikan dukungan untuk Brent di pasar yang sangat membutuhkan katalis untuk menstabilkan harga, Kilduff mengatakan kepada CNBC.
Juga pada hari Kamis, Presiden Hassan Rouhani memerintahkan menteri pertahanan pada hari Kamis untuk memperluas program rudal Iran, dalam menanggapi ancaman AS untuk menjatuhkan sanksi atas uji coba rudal balistik Iran dilakukan pada bulan Oktober.
Meskipun tidak jelas apakah eskalasi bisa menghentikan pencabutan sanksi Iran, dan karena itu kemampuan Iran untuk membawa minyak ke pasar tahun depan, pembangunan berkontribusi untuk mengakhiri-of-the-tahun kegelisahan, kata Kilduff.

Prospek langsung untuk harga minyak tetap suram. Goldman Sachs mengatakan harga serendah $ 20 per barel mungkin diperlukan untuk mendorong produksi cukup keluar dari bisnis dan memungkinkan rebalancing dari pasar.
Morgan Stanley mengatakan dalam prospek untuk tahun depan yang berkembang untuk minyak tahun 2016. Bank memperkirakan kenaikan berkelanjutan dalam pasokan global yang tersedia, meskipun beberapa pemotongan oleh pengebor minyak serpih AS.
Harga Brent sempat mencapai titik terendah 2004 di bawah $ 36 tahun ini, secara efektif menghapus keuntungan dari satu dekade panjang komoditas yang dipicu oleh belum pernah terjadi sebelumnya boomingnya permintaan energi Tiongkok.
Penurunan telah menyebabkan tekanan di seluruh rantai pasokan energi, termasuk pengirim, pengebor minyak swasta dan negara tergantung pada minyak mulai dari Venezuela dan Rusia hingga ke Timur Tengah.
Analis memperkirakan produksi minyak mentah global melebihi permintaan antara setengah juta hingga 2 juta barel setiap hari. Ini berarti bahwa bahkan perkiraan yang paling agresif dari yang diharapkan pemotongan produksi AS sebesar 500.000 barel per hari untuk 2016 tidak akan mungkin sepenuhnya menyeimbangkan pasar.
Minyak mulai jatuh pada pertengahan 2014 sebagai gelombang produksi dari OPEC, Rusia dan produsen minyak serpih AS melebihi permintaan. Penurunan dipercepat pada akhir 2014 setelah keputusan OPEC yang dipimpin Arab untuk menjaga produksi yang tinggi untuk mempertahankan pangsa pasar global daripada penurunan produksi untuk mendukung harga.
OPEC gagal menyepakati setiap target produksi pada pertemuan 4 Desember di Wina, memperkuat keputusannya untuk melindungi pangsa pasar, untuk mengembalikan ekspor Iran ke pasar setelah pencabutan sanksi-sanksi Barat.
Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah masih berpotensi tertekan merespon sentimen kekenyangan pasokan minyak mentah global. Harga minyak akan bergerak dalam kisaran Support $36,50-$36,00 per barel, dan kisaran Resistance $37,50-$38,00 per barel.

Sumber : Vibiznews