Wednesday 9 August 2023

PT Bestprofit Malang | Harga Emas Dunia Turun ke Hampir Terendah Sebulan pada Hari Selasa


PT Bestprofit Futures Malang (9/8/2023) – Investor terlihat berbondong-bondong menuju keamanan dolar AS, dipicu oleh data perdagangan lemah dari China. Sementara itu, sentimen berhati-hati mendominasi menghadapi angka inflasi AS yang akan segera diumumkan akhir pekan ini.

Penurunan ini datang setelah mencapai titik terendahnya sejak 10 Juli. Kontrak emas AS juga menunjukkan penurunan sebanyak 0,5 persen, berada pada angka $1.959,9.

Sekarang, semua mata tertuju pada data indeks harga konsumen AS yang akan diumumkan pada hari Kamis. Inflasi di AS diperkirakan sedikit meningkat pada bulan Juli, mencapai 3,3 persen secara tahunan. Sementara itu, tingkat inflasi inti diperkirakan akan tetap stabil pada angka 4,8 persen, sesuai dengan survei Reuters terhadap para ekonom.

Perhatian beralih pada pernyataan para pejabat Federal Reserve. Sementara itu, John C. Williams, kepala New York Fed, memprediksi bahwa suku bunga bisa mulai menurun pada tahun depan. bestprofit

Emas tetap sangat sensitif terhadap kenaikan suku bunga AS, yang meningkatkan biaya peluang memegang emas batangan yang tidak memberikan hasil.

Sentimen Positif Jangka Pendek

Penguatan terbaru dalam harga emas dunia mengikuti pengumuman laporan pekerjaan AS bulan Juli 2023 yang di bawah ekspektasi.

Analis yang berpartisipasi dalam survei Kitco memperkirakan tren bullish untuk harga emas dunia dalam minggu mendatang. Optimisme ini tetap tinggi meskipun tekanan inflasi masih ada. Dalam survei tersebut, 15 analis Wall Street berpartisipasi, dengan delapan di antaranya (53%) memperkirakan harga emas akan naik minggu ini. bestprofit

Proyeksi Emas

Adam Button, Kepala Analis Mata Uang di Forexlive.com, menyoroti, “Pasar tenaga kerja AS secara perlahan menunjukkan penurunan, dan inilah yang diinginkan oleh Fed. Pasar semakin yakin bahwa kita berada pada tingkat suku bunga Fed yang tertinggi. Ketika hal ini dikonfirmasi, saya berpikir ada peluang suku bunga akan turun dan memberikan sentimen bullish untuk emas.”

Button juga menjelaskan bahwa meskipun emas berada pada harga yang relatif tinggi, tantangan yang dihadapi oleh tindakan Federal Reserve tetap kuat. Ia mempertanyakan, “Titik awal saat ini berada di sekitar $1.940, jadi seberapa tinggi emas dapat melaju dalam siklus penurunan suku bunga ini? Kami telah melihat tingkat suku bunga riil yang tinggi, dan ketika kita melihat kinerja emas selama siklus kenaikan suku bunga ini, hal ini cukup menggembirakan.” bestprofit

Harapan untuk Masa Depan

Seiring berjalannya tahun dan peralihan ke kuartal IV, diharapkan Federal Reserve akan menyelesaikan tindakannya, yang akan mengarah pada penurunan suku bunga pada tahun 2024. Inilah saatnya emas diharapkan akan terbang tinggi, menurut para analis.

Button mengungkapkan sentimen bullish jangka pendek untuk emas dan menyatakan, “Saya berharap laporan CPI minggu depan akan menekankan bahwa inflasi terkendali dan akan mereda secara perlahan, yang akan membantu mendorong harga emas.”

Sebagai kesimpulan, penurunan harga emas global dikaitkan dengan pergeseran investor ke dolar AS dan kekhawatiran tentang potensi pelemahan pertumbuhan global. bestprofit

*Untuk informasi yang akurat dan terkini, pembaca disarankan untuk melakukan penelitian dan berkonsultasi dengan para profesional keuangan.

Kunjungi Juga