Wednesday 27 September 2023

Best Profit | Harga Minyak Mentah Menguat Akibat Kekhawatiran Penurunan Stok AS

Best Profit (28/9) – Harga minyak mentah melonjak sekitar tiga persen, mencapai level tertinggi tahun 2023 pada penutupan perdagangan hari Rabu. Kenaikan tajam ini mengikuti penurunan drastis dalam stok minyak mentah AS, yang semakin memperkuat kekhawatiran tentang ketersediaan pasokan global.

Sorotan Utama

  • Kontrak berjangka minyak mentah Brent untuk pengiriman bulan November ditutup pada $96,55 USD per barel di Bursa London ICE Futures, menandai kenaikan sebesar 2,8 persen.
  • Kontrak berjangka minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman bulan November melonjak sebesar 3,6 persen atau $3,29 USD, menjadi menetap di $93,67 USD per barel di Bursa New York Mercantile Exchange.

Penurunan Stok Minyak AS

Data pemerintah terbaru mengungkapkan penurunan signifikan sebanyak 2,2 juta barel dalam stok minyak mentah AS selama seminggu terakhir, sehingga totalnya menjadi 416,3 juta barel. Penurunan ini jauh melampaui perkiraan penurunan sebesar 320.000 barel yang diantisipasi oleh para analis dalam jajak pendapat Reuters. best profit

Baca Juga : Penurunan Emas yang Luar Biasa, Kenaikan Tidak Terbendung Dolar, dan Imbal Hasil Obligasi AS

Baca Juga : Penguatan Dolar AS di Tengah Imbal Hasil Obligasi Rekor Tertinggi

Sentimen Pasar

Andrew Lipow, Presiden Lipow Oil Associates, berkomentar, “Sentimen pasar sangat dipengaruhi oleh tingkat persediaan saat kita mendekati batas minimum operasional di Cushing.”

Kendala Pasokan

Meskipun harga minyak turun minggu lalu, mereka kembali menguat saat pasar khawatir tentang kendala pasokan yang mendekat menjelang musim dingin. best profit

Respon Rusia

Dalam upaya potensial untuk memperketat pasokan, Presiden Rusia, Vladimir Putin, telah memerintahkan pemerintahnya untuk memastikan stabilitas harga bahan bakar eceran setelah lonjakan yang disebabkan oleh peningkatan ekspor. Sebagai tanggapan, wakil perdana menterinya mengutip usulan untuk membatasi ekspor produk minyak yang dibeli untuk keperluan dalam negeri.

Langkah Selanjutnya

Saat harga minyak mentah terus mengalami fluktuasi, pasar energi global tetap waspada, memantau secara cermat dinamika pasokan dan permintaan. best profit