Thursday 28 September 2023

Best Profit | Saham-saham Asia Menguat Meskipun Mencapai Terendah 10 Bulan

Best Profit (29/9) – Saham-saham Asia menunjukkan ketahanan saat memulai perdagangan pada Jumat, menjauh sedikit dari level terendah dalam 10 bulan. Meskipun masih dalam jalur untuk mencatat performa kuartalan terburuk dalam setahun, kekhawatiran tentang kenaikan suku bunga telah membuat bayangan pada sentimen pasar, sementara dolar tetap kuat.

Saham-saham Asia Menghadapi Tantangan Berat

Indeks MSCI untuk saham Asia Pasifik, tanpa Jepang, mengalami kenaikan yang moderat sebesar 0,59 persen, namun masih berada dalam jarak yang tidak nyaman dari level terendah dalam 10 bulan yang dicapai pada Kamis, 28 September 2023. Indeks MSCI diperkirakan akan mengalami penurunan sebesar 5,0 persen untuk periode Juli-September, mencatat performa kuartalan terburuk sejak penurunan sebesar 13,6 persen selama periode yang sama tahun lalu.

Baca Juga : Memahami Penurunan Harga Minyak: Tinjauan Mendalam tentang Faktor-faktor yang Mendorongnya

Baca Juga : Bagaimana Dampak Fed terhadap Ekonomi? Bergantung Pada Hal Ini

Dinamika Ekonomi yang Kompleks

Di sisi lain dunia, data menunjukkan bahwa ekonomi Amerika Serikat mempertahankan pertumbuhan yang relatif solid pada kuartal kedua, dan aktivitas tampaknya meningkat pada kuartal ini. Namun, penutupan pemerintahan dan pemogokan yang terus berlanjut oleh pekerja otomotif telah meredupkan prospek untuk sisa tahun 2023. best profit

Pergerakan Dolar

Indeks tersebut telah naik sebesar 2,4 persen bulan ini dan siap mengalami kenaikan bulan kedua berturut-turut. Yen Jepang berada di level 149,33 per dolar, mendekati level 150 yang berpotensi memicu intervensi dari otoritas Jepang.

Dinamika Inflasi dan Pemulihan Ekonomi

Sementara pasar saham Asia menghadapi ketidakpastian, investor di seluruh dunia terus memonitor interaksi kompleks antara indikator ekonomi dan kebijakan bank sentral. Meskipun tantangan di depan mungkin berat, peluang untuk pertumbuhan dan pemulihan tetap ada bagi mereka yang dapat menavigasi lanskap keuangan yang terus berkembang. best profit