Monday 11 September 2023

Best Profit | Lonjakan Harga Emas Didorong oleh Pelemahan Dolar AS

 


Peningkatan Harga Emas di Tengah Melemahnya Dolar AS

Best Profit (12/9) – Kontrak emas mengalami lonjakan sekali lagi pada akhir sesi perdagangan Senin, mencatatkan keuntungan untuk sesi kedua berturut-turut. Logam mulia ini mendapat dukungan dari melemahnya dolar AS, yang tengah diawasi dengan ketat oleh para investor.

Kinerja Emas

Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Desember di divisi Comex New York Exchange ditutup pada $1.947,20 per ons. Kenaikan sebesar $4,50 atau 0,23 persen. Puncak tertinggi selama sesi mencapai $1.954,60 dan terendah sebesar $1.939,50. Kenaikan sebesar 20 sen atau 0,01 persen pada Jumat lalu.
Dampak Pernyataan Gubernur Bank of Japan Gubernur Bank of Japan, Kazuo Ueda, baru-baru ini memberikan isyarat tentang kemungkinan berakhirnya kebijakan moneter longgar yang sudah berlangsung bertahun-tahun. Pernyataan ini memengaruhi penguatan yen Jepang sambil melemahkan dolar AS. best profit

Baca Juga : Dampak Penurunan Harga Emas: Apa yang Harus Diamati oleh Investor

Baca Juga : Pemilik Emas yang Cemas Menantikan Berita Penting dari AS

Pelemahan Dolar AS

Indeks dolar AS turun sebesar 0,5 persen. Mengurangi kenaikan bulanannya menjadi 0,9 persen.
Tantangan Menuju IHK AS Agustus. Para investor juga dengan antusias menanti rilis Indeks Harga Konsumen (IHK) AS untuk Agustus yang dijadwalkan pada tanggal 13 September 2023. Data ini diharapkan akan memberikan wawasan berharga tentang keputusan suku bunga Federal Reserve nanti dalam bulan ini.

Perkiraan Pasar

Jameel Ahmad, kepala analis di Pialang GTC berbasis Dubai, mengatakan, “Pemulihan sedikit dalam momentum pembelian emas yang terlihat dalam sesi perdagangan baru-baru ini kemungkinan akan menghadapi ujian menjelang pembacaan IHK AS yang akan datang, yang dianggap sebagai peristiwa risiko utama bagi para pedagang minggu ini. Saat ini, pasar beralih ke arah ekspektasi bahwa dolar AS akan tetap menjadi teman terbaik investor selama sisa tahun 2023, yang mengindikasikan keterbatasan potensi kenaikan harga emas.” best profit

Potensi Kenaikan Harga Emas

Para analis pasar meyakini bahwa harga emas mungkin akan mengalami momen penentuan minggu ini, dengan kemungkinan harga emas dapat menembus kisaran antara $1.940 hingga $1.980 per ons.

Tantangan Dari Dolar AS

Dengan dolar AS yang diperkirakan akan tetap kuat hingga sisa tahun 2023, para analis pasar juga berspekulasi bahwa potensi kenaikan harga emas mungkin akan terbatas dalam lingkungan pasar saat ini.

Kinerja Logam Mulia Lainnya

Perak untuk pengiriman Desember mengalami kenaikan sebesar 20,90 sen atau 0,90 persen, ditutup pada $23.383 per ons. Platinum untuk pengiriman Oktober mengalami kenaikan sebesar $7,50 atau 0,84 persen, menetap pada $902,30 per ons. best profit