Thursday 10 September 2015

Bursa AS Mengalami Rebound Dengan Minyak Memimpin Gain Komoditi

BESTPROFIT FUTURES MALANG (11/9) - Bursa saham AS bergerak naik, dengan ekuitas berayun dalam kisaran yang luas di tengah rendahnya volume perdagangan, karena investor menilai data yang menunjukkan penguatan pasar tenaga kerja seminggu sebelum keputusan kebijakan Federal Reserve. Minyak mentah memimpin gain dalam komoditas, sementara saham-saham global melemah terhadap kekhawatiran bahwa China tetap menjadi ancaman bagi pertumbuhan.
Indeks Standard & Poor 500 mengalami rebound dari aksi jual kemarin di pasar saham yang semakin ditandai dengan pergeseran tajam dalam sentimen di tengah ancaman kenaikan suku bunga yang lebih tinggi. Ekuitas dari Asia hingga Eropa melemah terhadap kekhawatiran baru pengetatan AS pada minggu depan akan meredam pertumbuhan global, sementara downgrade utang Brasil menjadi junk mengguncang pasar saham di negara tersebut dan menggarisbawahi pelemahan di negara-negara berkembang.
Penguatan data pekerjaan AS untuk hari kedua mendukung kasus bagi tingkat suku bunga acuan yang lebih tinggi, sedangkan data harga dari China menambahkan tantangan yang harus dihadapi oleh para pembuat kebijakan dalam perekonomian terbesar di Asia. Bank of England mengatakan gejolak di pasar keuangan global belum berdampak pada prospek ekonomi, memicu spekulasi The Fed juga dapat melihat turbulensi masa lalu baru-baru ini pada pertemuan kebijakan.
Di Cina, komentar Premier Li Keqiang bahwa negara tersebut masih memiliki "kemampuan yang cukup untuk merespon" jika pertumbuhan turun di bawah kisaran yang wajar gagal menopang pasar saham karena data menunjukkan harga produsen mengalami penurunan terbesarnya sejak 2009 yang lalu.
Indeks Standard & Poor 500 naik 0,6% ke level 1.953 pada pukul 12:39 siang di New York, setelah kemarin turun 1,4%. Indeks Dow Jones Industrial Average menambahkan 82,74 poin, atau 0,5% ke level 16,336.31. Sementara indeks Nasdaq Composite naik 0,9%. Perdagangan perusahaan di S&P 500 adalah 9% di bawah rata-rata 30-hari untuk hari ini.(frk)
Sumber: Bloomberg