Thursday 19 November 2015

Aussie Tantangan Nyata untuk Gejolak Komoditas

BESTPROFIT FUTURES MALANG (20/11) - Mata uang komoditas termasuk dolar Australia, rand Afrika Selatan dan real Brasil yang melonjak menyusul fokus para pedagang pada potensi siklus bertahap kenaikan suku bunga AS dan mengabaikan kerugian harga di sektor bahan baku.
Dolar Selandia Baru memimpin kenaikan pada hari Kamis, saat greenback jatuh terhadap 16 mata uang utama laiinya seiring laporan rapat Oktober Komite Pasar Terbuka Federal mengisyaratkan jalur dangkal untuk setiap kenaikan suku bunga tahun depan. Aussie bersiap untuk kenaikan mingguan berturut, dengan para pedagang membayar premi terkecil pada pilihan untuk melindungi terhadap pelemahan dalam mata uang dalam lebih dari satu tahun meskipun bijih besi, pemimpin ekspor Australia, turun ke level terendah dalam empat bulan.
Aussie diperdagangkan di level 71,87 sen AS pada pukul 09:18 siang waktu Tokyo dari level 71,94 pada hari Kamis, bersiap untuk kenaikan 0,8 persen minggu ini. Dolar Selandia Baru berada di level 65,59 sen AS setelah naik 1,5 persen ke level 65,66 pada sesi sebelumnya. Bloomberg Dollar Spot Index, yang melacak greenback versus 10 rekan-rekan mereka, sedikit berubah pada pukul 1,228.70 setelah turun 0,7 persen pada Kamis, penurunan terbesar sejak 14 Oktober. (sdm)
Sumber: Bloomberg