Tuesday 15 March 2016

Iran Tolak Pembekuan Output Jadikan Minyak Perpanjang Penurunan

BESTPROFIT FUTURES MALANG (16/3) - Minyak turun untuk hari kedua seiring Iran didukung ekspor minyak mentah dan Rusia mengisyaratkan negara Teluk Persia tidak akan bergabung dengan produsen utama karena membekukan output untuk mengurangi kelebihan pasokan global.
Kontrak berjangka turun 2,3 % di New York memperpanjang penurunan dari kemarin menjadi 3,4 %. Iran memiliki "argumen yang masuk akal" untuk tidak bergabung dengan aliansi untuk output berskala kecil, kata Menteri Energi Rusia Alexander Novak setelah pertemuan dengan rekannya dari Iran. Produksi Iran meningkat pada bulan lalu yang terbesar dalam hampir dua dekade terakhir setelah berakhirnya sanksi, OPEC mengatakan pada hari Senin. Persediaan minyak AS kemungkinan naik pada pekan lalu, menjaga stok berada di level tertinggi sejak tahun 1930.
Harga minyak telah kembali pulih setelah merosot ke level 12-tahun terendah pada tahun ini terkait spekulasi menguatnya permintaan dan penurunan output AS akan memudahkan surplus. Pembicaraan tentang pembekuan kemungkinan terjadi di ibukota Qatar, Doha pada bulan depan, menurut Teluk Organisasi delegasi Negara Pengekspor Minyak.
Minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman April turun 84 sen menjadi ditutup pada level $ 36,34 per barel di New York Mercantile Exchange. Ini adalah penutupan terendah sejak 4 Maret.
Brent untuk pengiriman Mei merosot 79 sen atau 2 %, ke level $ 38,74 per barel di ICE Futures Europe exchange yang berbasis di London. Indeks acuan global ditutup dengan premi 66 sen dibandingkan minyak mentah WTI untuk pengiriman bulan Mei. (knc)
Sumber : Bloomberg