Monday 20 June 2016

Kekhawatiran Brexit Kembali, Pound Hentikan Penguatan

BESTPROFIT FUTURES (21/6) - Pound jatuh terhadap 31 rekan-rekan utama seiring kembali mencuatnya kekhawatiran referendum Brexit pada keanggotaan Uni Eropa  dua hari jelang pemungutan suara dilangsungkan.
Sterling menghentikan dua hari reli sebesar 3,5 persen sebelum dilangsungkannya pemungutan bersejarah Kamis nanti, dengan jajak pendapat terpisah menunjukkan keurnggulan untuk kedua kubu. Investor George Soros, yang membuat taruhan $ 1 miliar pada devaluasi pound pada tahun 1992, memperingatkan bahwa kemungkinan Inggris meninggalkan Uni Eropa masih merupakan risiko nyata yang bisa memotong nilai mata uang sebesar seperlimanya.
Mata uang negara beribukota London ini tergelincir 0,4 persen ke level $ 1,4646 pada pukul 10:49 pagi waktu Tokyo, setelah melonjak 2,4 persen pada hari Senin yang merupakan kenaikan terbesar sejak 2008.
Sebuah jajak pendapat YouGov dari 1.652 pemilih untuk surat kabar Times yang diterbitkan hari Senin menunjukkan 44 persen perolehan suara untuk kubu "Keluar" dan 42 persen untuk kubu "Bertahan." Sementara, sebuah survei ORB dari 800 pemilih untuk Koran Daily Telegraph menunjukkan perolehan suara 53 persen untuk kubu Ĺ“Bertahan dan 46 persen untuk kubu ˜Keluar™. (sdm).
Sumber: Bloomberg