Sunday 19 June 2016

Saham Jepang Melonjak terkait Pelemahan Yen dan Poling Brexit

BESTPROFIT FUTURES MALANG (20/6) - Bursa Jepang naik, dengan indeks Topix menuju kenaikan terbesar dalam lebih dari dua bulan, menyusul yen melemah di tengah meningkatnya spekulasi bahwa Inggris akan memilih untuk tetap di Uni Eropa.
Indeks Topix melonjak 2,2 persen ke level 1,278.86 pada istirahat perdagangan di Tokyo hari ini, berada di jalur untuk lompatan terbesar sejak 19 April. Indeks ini membukukan penurunan 6 persen pekan lalu,  tercatat sebagai penurunan tersebut terbesar dalam empat bulan. Nikkei 225 Stock Average bertambah 2,2 persen ke level 15,943.76. Yen tergelincir 0,4 persen ke level 104,61 per dolar setelah enam hari kenaikan.
Peluang bet 'dari voting Inggris pada 23 Juni untuk keluar dari blok 28-negara jatuh menjadi sekitar 32 persen Minggu, dengan jajak pendapat dari Survation untuk koran Mail on Sunday menunjukkan 45 persen orang mendukung "Bertahan", ‹‹sementara 42 persen mendukung "Keluar." Jajak pendapat terbaru ini merupakan yang pertama sejak pembunuhan anggota parlemen pro-Eropa Jo Cox pekan lalu.
Semua 33 kelompok industri yang pada indeks Topix berada di wilayah positif, dipimpin oleh saham produsen minyak dan real estate. Eksportir termasuk produsen alat listrik dan mobil memberikan kenaikan terbesar untuk indeks ini. (sdm)
Sumber: Bloomberg