Monday 26 May 2014

Kerry Sampaikan Ucapan Selamat pada Ukraina

BESTPROFIT FUTURES (27/05) - Amerika menyampaikan ucapan selamat kepada Ukraina atas keberhasilan pemilu presiden yang tampaknya dimenangkan oleh bilyuner Petro Poroshenko.

Menteri Luar Negeri John Kerry hari Senin (26/5) mengatakan banyaknya jumlah pemilih dalam pemungutan suara hari Minggu menunjukkan bahwa rakyat Ukraina ingin hidup dalam negara demokrasi yang bernaung di bawah apa yang disebutnya sebagai œinstitusi Eropa.

Dalam pernyataan hari Senin, Kerry memuji œkeberanian dan œketabahan para pemilih di beberapa bagian Ukraina Timur, di mana kelompok separatis pro-Rusia mencegah sebagian besar proses pemungutan suara.

Kerry mengatakan Amerika menghormati kedaulatan dan integritas wilayah Ukraina, serta mengecam œpendudukan dan upaya aneksasi Krimea oleh Rusia. Ia menambahkan Amerika bertekad akan bekerjasama dengan Ukraina dan mitra-mitra lainnya guna menemukan resolusi damai bagi konflik itu.

Pemilu hari Minggu merupakan puncak dari demonstrasi anti-pemerintah bernuansa kekerasan yang dimulai akhir tahun lalu, penggulingan Presiden Viktor Yanukovych yang pro-Rusia dari kekuasaan, dan pengambilalihan Krimea “ semenanjung di Ukraina yang sebagian besar warganya berbahasa Rusia.

Sumber : VOA