Sunday 18 May 2014

Sektor Property Pukul Mundur Bursa Tiongkok

Pada perdagangan di bursa saham Tiongkok pagi hari ini terjadi penurunan yang cukup signifikan (19/5). Bursa saham melemah di tengah sinyal mulai pecahnya gelembung property di negara tersebut. Data yang dirilis akhir pekan lalu menunjukkan bahwa harga rumah baru mengalami pertumbuhan yang melambat di bulan April.
Saham-saham dari sektor property tampak menjadi pimpinan pelemahan di bursa Tiongkok pagi ini. Gemdale dan China Merchants Property kehilangan nilai saham sebesar masing-masing 2 persen. Vanke dan Poly Real Estate tampak melemah masing-masing 1 persen.
Indeks benchmark di bursa saham Shanghai alami penurunan yang signifikan pagi ini, mengabaikan sentiment positif yang terjadi di Wall Street akhir pekan lalu.  Bursa-bursa saham Asia pagi hari ini kurang bersemangat akibat kekhawatiran mengenai kondisi sektor property di Tiongkok. Indeks  komposit Shanghai tergerus melemah sebesar 21.61 poin atau 1.07 persen dan berada di level 2004.89 poin.
Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan indeks benchmark di bursa saham Tiongkok pada perdagangan hari ini akan cenderung mengalami penurunan terbatas. Indeks komposit Shanghai ini akan mengalami pergerakan pada kisaran 1990 – 2020 poin.

Sumber : Vibiznews