Sunday 18 May 2014

Meskipun Sentimen Lemah, Harga Karet Tocom Justru Meningkat

Harga karet pada perdagangan pekan lalu, terpantau mengalami peningkatan tipis di Bursa Tokyo Commodity Exchange. Peningkatan harga karet pekan lalu terbilang cukup mengejutkan sebab sentimen negatif dari kebijakan penjualan karet Thailand selaku penghasil karet terbesar justru tidak terlalu berpengaruh.
Pergerakan harga karet pada pekan lalu, terbilang cukup mengejutkan. Sentimen negatif kuat dari wacana peningkatan penjualan karet oleh Thailand, terpantau kurang mempengaruhi pergerakan harga karet. Tekanan pada sisi supply karet global imbas wacana Thailand sedikit terhapus oleh harapan pada bangkitnya sektor otomotif Jepang yang tercatat menguat pada Bursa Index Nikkei. Hal tersebut berimbas pada penguatan harga karet pada awal hingga pertengahan pekan.
Peningkatan harga karet yang cukup mengejutkan pada pekan lalu tergolong tidak stabil. Mengingat sentimen yang tidak terlalu kuat, harga karet akhirnya anjlok menjelang akhir pekan. Ketidakyakinan investor akan terus menguatnya harga karet berimbas pada aksi taking profit yang menyebabkan karet Tocom anjlok pada akhir pekan.
Walaupun sempat mengalami pelemahan signifikan jelang akhir pekan, harga karet pada perdagangan Bursa Tocom pekan lalu secara agregat mengalami penguatan. Harga karet berjangka untuk kontrak Oktober 2014 naik 0,8% ke tingkat harga 200 Yen/kg atau naik 1,6 Yen/kg.
Pada awal perdagangan sesi pagi hari ini, harga karet Tocom terpantau sedang mengalami penguatan. Harga karet berjangka Tocom untuk kontrak Oktober 2014 naik 0,75% ke kisaran harga 201,5 Yen/kg atau menguat 1,5 Yen/kg.
Sedangkan pada awal perdagangan sesi pagi ini di Bursa SHFE, harga karet justru melemah. Harga karet berjangka untuk kontrak September 2014 turun tipis 0,07% ke tingkat harga 13.850 Yuan/ton atau melemah 10 Yuan/ton.
Harga karet diprediksi akan melemah pada perdagangan pekan ini. Hal tersebut dilandasi oleh sentimen positif yang dianggap masih belum kokoh mempengaruhi harga karet. Diperkirakan harga karet akan bergerak ke kisaran harga sedikit dibawah 200 Yen pada pekan ini di Bursa Tocom.

Sumber : Vibiznews