Thursday 15 January 2015

Laju IHSG Bergantung Harga Minyak

BESTPROFIT FUTURES MALANG (16/1) - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akan bergerak variatif pada Jumat pekan ini. Sentimen penggerak indeks saham bergantung harga minyak dunia.
Kepala Riset PT Universal Broker Securities, Satrio Utomo mengatakan, jika harga minyak dunia diketok di atas US$ 47 dollar per barel maka akan mengerek bursa regional yang berimbas pada IHSG.
"Kita tinggal nunggu indeks Dow Jones seperti apa," kata dia, kepada Liputan6.com, Jakarta, Jumat (16/1/2015).
Namun begitu, dia menuturkan masih ada harapan lain untuk IHSG supaya bergerak positif.
Menurut dia, saat ini pelaku pasar masih menunggu kepastian penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis premium.
Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengungkapkan kemungkinan BBM jenis tersebut akan dibanderol pada harga Rp 6.400-Rp6.500 per liter. "Saya kira itu bagus, minimal seperti itu," papar Satrio.
Dia mengatakan, IHSG diproyeksi bergerak pada level support 5.150. Sedangkan resistance pada level 5.194-5.206.
Untuk akumulasi saham, dia memilih PT Indo Tambang Raya Megah Tbk(ITMG), PT Astra Internasional Tbk (ASII), PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI), PT Bank Mandiri Tbk (BMRI),PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR), PT Gudang Garam Tbk (UNVR).
Sementara itu, Analis PT Woori Korindo Securities Indonesia, Reza Priyambada mengatakan, IHSG akan berada di rentang support 5.165-5.179 dan resistance 5.195-5.200 pada Jumat pekan ini.
"Laju IHSG masih akan diuji ketahanannya untuk dapat melanjutkan penguatannya. Tetap cermati sentimen yang ada di tengah harapan terhadap berlanjutnya penguatan," ujar Reza. (Amd/Ahm)

Sumber : Liputan6