Tuesday 9 February 2016

Emas Menguat Sejak 2011 Karena Penurunan Dalam Ekuitas dan Dolar

BESTPROFIT FUTURES MALANG (10/2) - Emas untuk pengiriman cepat mengalami rebound, menuju reli terpanjang dalam lebih dari empat tahun, akibat guncangan dalam pasar ekuitas dan penurunan dolar mendorong permintaan untuk logam sebagai aset alternatif.
Saham-saham AS melemah, dengan indeks Standard & Poor 500 dekat dengan level terendah sejak April 2014, karena saham-saham energi memperpanjang kerugian. Dolar jatuh untuk hari kedua berturut-turut terhadap sekeranjang 10 mata uang. Bullion, yang mencapai $ 1.200 per ons pada hari Senin untuk pertama kalinya sejak Juni, turun sebanyak 0,3 persen sebelumnya setelah Goldman Sachs Group Inc memprediksi kenaikan baru-baru tidak akan bertahan.
Emas telah naik 12 persen pada tahun 2016 dalam awalan terbaik sejak 1980, karena meningkatnya kekhawatiran atas dorongan permintaan pertumbuhan ekonomi global untuk aset haven dan memacu spekulasi bahwa Federal Reserve akan menunda menaikkan suku bunga AS tahun ini. Ketua The Fed Janet Yellen dijadwalkan untuk tampil di hadapan Komite Majelis Jasa Keuangan AS pada hari Rabu, dan akan berbicara kepada Komite Senat Perbankan di hari berikutnya.
Emas untuk pengiriman segera naik 0,2 persen menjadi $ 1,191.43 per ons pada pukul 02:50 siang di New York. Logam menuju gain kedelapan beruntun, reli terpanjang sejak Juli 2011. Kontrak emas untuk pengiriman April naik 0,1 persen untuk menetap di $ 1,198.60 di Comex New York, yang merupakan kenaikan kelima berturut-turut.(frk)
Sumber: Bloomberg