Monday 15 February 2016

Minyak Menguat Untuk Hari Kedua Setelah Spekulasi Bullish Menguat

BESTPROFIT FUTURES MALANG (16/2) - Minyak menguat untuk hari kedua, naik hanya sebentar di atas $ 30 per barel di New York untuk pertama kalinya dalam hampir satu minggu.
Minyak mentah West Texas Intermediate berjangka naik 1,1 persen dalam perdagangan elektronik di New York setelah pada hari Jumat melonjak 12 persen. Posisi panjang spekulan di WTI hingga 9 Februari naik ke level tertinggi sejak Juni, menurut data dari Komisi Perdagangan Berjangka Komoditi AS. Iran memuat kargo pertamanya ke Eropa sejak sanksi internasional berakhir, sementara impor minyak mentah China turun dari rekor.
Minyak di New York turun sekitar 20 persen tahun ini. Sementara prospek peningkatan ekspor minyak Iran mengancam untuk lebih meningkatkan rekor cadangan minyak, perusahaan-perusahaan besar termasuk Chevron Corp dan Anadarko Petroleum Corp. membatasi pengeluaran eksplorasi dan pengembangan sumber daya baru. Minyak mentah melonjak tajam dalam tujuh tahun terakhir pada 12 Februari setelah Uni Emirat Arab mengulang kesiapan OPEC untuk terlibat dengan produsen lain.
Minyak WTI untuk pengiriman Maret naik sebanyak 71 sen menjadi $ 30,15 per barel di New York Mercantile Exchange dan berada di $ 29,76 setelah perdagangan elektronik berakhir pukul 1 siang. Bursa saham New York Mercantile Exchange ditutup pada hari Senin untuk libur Hari Presiden, dan perdagangan akan dicatat hari Selasa. Kontrak WTI naik $ 3,23, atau 12 persen, dan ditutup pada level $ 29,44 pada hari Jumat setelah turun 19 persen dalam enam sesi sebelumnya. Harga WTI telah kehilangan 4,7 persen pada pekan lalu.
Minyak Brent untuk pengiriman April naik 3 sen untuk menetap di $ 33,39 per barel setelah mencapai $ 33,97 dalam perdagangan intraday di bursa ICE Futures Europe exchange. Acuan Eropa lebih besar dari $ 1,51 terhadap WTI pada pukul 01:42 siang di New York.(frk)
Sumber: Bloomberg