Monday 29 February 2016

Sektor Tambang Melonjak, Saham Eropa Rally di Jam Akhir Perdagangan

BESTPROFIT FUTURES MALANG (1/3) - Rally pada jam akhir-perdagangan mendorong ekuitas Eropa berada di posisi yang lebih tinggi untuk hari ketiga “ yang merupakan kali pertama terjadi tahun ini.
Produsen komoditas memimpin lonjakan setelah bank sentral China memangkas jumlah uang tunai yang harus dipegang pemberi pinjaman nasional sebagai cadangan. Anglo American Plc dan ArcelorMittal naik lebih dari 6,5 persen, membantu Indeks Stoxx 600 Eropa naik 0,7 persen untuk hari ini. Indeks tersebut membalikkan kerugian sebanyak 1,2 persen untuk memangkas penurunan bulanan menjadi 2,4 persen. Data terpisah menunjukkan inflasi euro-area pada bulan Februari menjadi negatif.
Fokusnya sekarang beralih ke pertemuan Bank Sentral Eropa pekan depan, setelah Presiden Mario Draghi mengisyaratkan pembuat kebijakan akan mempertimbangkan penambahan stimulus.
Meskipun rebound baru-baru ini, saham wilayah ini telah turun untuk bulan ketiga, yanmg merupakan rentetan terpanjang mereka sejak 2012. Stoxx 600 sekarang diperdagangkan 14,5 kali keuntungan estimasi, naik dari posisi rendah 13,2 awal bulan ini. Posisi itu masih jauh di bawah 17 kali yang dicapai pada puncaknya April lalu.
Kekhawatiran atas efek stimulus bank sentral, kekalahan minyak yang semakin dalam dan kredit macet di bank-bank telah mendorong volatilitas saham untuk bulan kedua. Tanda tambahan dari kurangnya kepercayaan investor dalam outlook ekonomi kawasan itu yakni kesenjangan antara saham Eropa termurah dan termahal yang telah tumbuh dengan selisih terlebar dalam satu dekade. (sdm)
Sumber: Bloomberg