Tuesday 9 February 2016

Saham Eropa Ditutup Melemah Ke Level Terendah Sejak 2013

BESTPROFIT FUTURES MALANG (10/2) - Saham Eropa turun untuk hari ketujuh dan indeks yang mengukur bank merosot ke level terendahnya sejak 2012 lalu seiring penguatan pada ekuitas global yang dipicu oleh kekhawatiran investor atas pemulihan pertumbuhan ekonomi yang menunjukkan tanda-tanda mereda.
Eurobank Ergasias SA Yunani memimpin pemberi pinjaman yang lebih rendah, anjlok sebesar 12 % karena biaya asuransi utang keuangan meningkat di tengah kekhawatiran mengenai apakah bank cukup kuat untuk mengatasi penurunan. Saham Credit Suisse Group AG turun 8,4 % setelah Swiss National Bank (SNB) mengatakan bisa mengurangi tingkat suku bunga deposito negatif lebih lanjut. Saham Deutsche Bank AG membalikkan keuntungan, jatuh 4,3 % ke level terendahnya setidaknya sejak tahun 1992 silam bahkan seiring meyakinkan investor bahwa ia memiliki cukup uang untuk membayar utang-utangnya.
Indeks Stoxx Europe 600 turun 1,6 % ke level 309,39 pada penutupan perdagangan, level terendahnya sejak Oktober 2013 lalu, mengirimnya ke wilayah "oversold". Volume saham yang diperdagangkan adalah 52 % lebih tinggi dari rata-rata30-hari. Alat pengukur yang melacak saham naik ke level tertinggi dalam 3 minggu terakhir dan telah melonjak 53 % pada tahun ini. Indeks ASE Yunani merosot ke level terendah setidaknya sejak tahun 1989.
Anjloknya ekuitas global dalam perdagangan volatile di tengah kekhawatiran investor atas kemerosotan harga minyak, pendapatan dan kekuatan ekonomi AS dan China, dengan Indeks MSCI All-Country World mendekati pasar bearish. Indeks Stoxx 600 sekarang diperdagangkan sebesar 13,6 kali estimasi laba, sekitar 22 % di bawah rekornya pada April 2015. (knc)
Sumber : Bloomberg