Sunday 14 February 2016

Pertumbuhan Ekonomi Jepang Akhir 2015 Melambat

BESTPROFIT FUTURES MALANG (15/2) - Ekonomi Jepang berkontraksi dalam tiga bulan terakhir tahun 2015. Produk domestik bruto turun negatif 1,4 persen secara tahunan dalam tiga bulan yang berakhir 31 Desember, turun jauh dari kenaikan revisi 1,3 persen pada kuartal ketiga, demikian rilis dari Kantor Kabinet Jepang pada hari Senin (15/02) di Tokyo. Estimasi median dari 33 ekonom yang disurvei Bloomberg News adalah penurunan 0,8 persen.
Kelemahan konsumsi swasta adalah penyumbang terbesar untuk kontraksi, merusak kebijakan Perdana Menteri Shinzo Abe untuk memacu inflasi dan pertumbuhan di ekonomi negara terbesar ketiga di dunia. Yen terapresiasi 6,6 persen terhadap dolar bulan ini bahkan setelah meningkatkan stimulus moneter.
Kinerja perekonomian telah terlihat turun naik selama tiga tahun terakhir sejak Abe kembali sebagai perdana menteri, bahkan dengan Gubernur BOJ Haruhiko Kuroda telah melakukan pelonggaran moneter dalam upaya pemerintah untuk memacu upah yang lebih tinggi, belanja konsumen dan investasi.
Laporan Senin menggarisbawahi kemajuan yang tidak merata dalam apa yag Kuroda dan Abe telah buat dan menambah data yang menunjukkan 2015 berakhir dengan penurunan, karena mulai dari pengeluaran rumah tangga hingga produksi industri dan ekspor jatuh pada bulan Desember.
Dan itu terjadi sebelum pelemahan pasar global tahun ini. Sejak itu, Bank of Japan telah ditambahkan ke stimulus dengan memperkenalkan suku bunga negatif dari kekhawatiran bahwa volatilitas pasar dan perlambatan Tiongkok telah meningkatkan risiko keterlambatan dalam mengubah Jepang dalam “pola pikir deflasi.”
Laporan hari ini menunjukkan bahwa belanja bisnis naik 1,4 persen pada kuartal keempat dari tiga bulan sebelumnya. Konsumsi swasta turun 0,8 persen pada kuartal keempat. Persediaan pribadi turun 0,1 persen dari GDP kuartal keempat. Ekspor bersih, atau pengiriman kurang dari impor, naik 0,1 persen dari GDP.
Perlambatan di Tiongkok sebagai mitra dagang terbesar Jepang, dan apresiasi tiba-tiba mata uang meningkatkan kekhawatiran bagi perusahaan dan dapat mengikis keuntungan mereka. Panasonic Corp memangkas proyeksi laba untuk akhir tahun di bulan Maret dalam penjualan AC dan perangkat yang jatuh di Tiongkok. Hitachi Ltd memangkas setahun penuh perkiraan keuntungan pada penjualan lebih lambat dari mesin konstruksi di Tiongkok dan penurunan permintaan dari negara-negara penghasil minyak tergerus oleh penurunan harga energi.

Sumber : Vibiznews