Sunday 21 February 2016

Rusia dan Arab Saudi Capai Kesepakatan Ekspor Minyak Mentah

BESTPROFIT FUTURES MALANG (22/2) - Konsultasi pada kesepakatan awal antara produsen minyak terkemuka untuk membekukan produksi harus disimpulkan 1 Maret setelah sebuah kelompok yang dipimpin oleh Rusia dan Arab Saudi mencapai kesepakatan bersama minggu ini di Doha, kata Menteri Energi Rusia.
“Kami sepakat bahwa semua konsultasi harus diselesaikan pada 1 Maret” kata Menteri Energi Rusia Alexander Novak kepada TV negara, Sabtu. Negara-negara secara terbuka mendukung kesepakatan ekspor sekitar tiga-perempat dari minyak mentah dunia, sehingga “akan menjadi sinyal positif” bagi pasar, kata Novak.
Arab Saudi, Rusia, Venezuela dan Qatar mencapai kesepakatan awal di Doha pada Selasa untuk menahan produksi pada tingkat Januari jika negara-negara lain bergabung dengan mereka. Keberhasilan kesepakatan ini bergantung terutama pada sikap Iran, yang telah bersumpah untuk meningkatkan produksi sebesar 1 juta barel per hari setelah sanksi pada ekspor nasional terangkat bulan lalu.
Novak mengatakan pembicaraan antara Venezuela dan Iran masih berlangsung, dan mengatakan konsultasi juga akan diadakan dengan negara-negara non-OPEC, termasuk Meksiko dan Norwegia. “Saya percaya bahwa mereka (Meksiko dan Norwegia) akan mengambil sikap yang konstruktif,” katanya.
Iran adalah “konstruktif” pada hasil Doha, meskipun negara belum membuat pernyataan apakah mungkin bergabung pakta tersebut, kata Novak.
Deputi Menteri Perminyakan negara Rokneddin Javadi seperti dikutip pada hari Sabtu menyatakan bahwa Teheran bertujuan untuk meningkatkan produksi minyak 700.000 barel per hari dalam waktu dekat.
Iran sebelumnya mengatakan tidak akan menyerah pada pangsa pasar, karena baru saja kembali memasuki pasar minyak pada bulan Januari setelah sanksi internasional yang dipimpin AS dicabut.
Alexey Texler, Wakil Menteri Energi Utama Rusia, mengatakan awal pekan ini bahwa bahkan tanpa Iran akan ada efek dari kesepakatan.
Menurut Texler, Rusia berbicara tentang pembekuan tingkat produksi Januari. Produksi Januari adalah sekitar 1,5 persen lebih tinggi dari rata-rata tahunan untuk tahun 2015.
Novak juga mengatakan akan “dibahas dengan rekan-rekan” bahwa harga minyak $ 50 per barel akan sesuai konsumen dan eksportir dalam jangka panjang. Dia tidak menjelaskan lebih lanjut.
Menteri percaya bahwa jika kesepakatan Doha mulai berlaku maka pangsa pasar Rusia akan tetap tidak berubah.
Pembicaraan dengan OPEC bisa tidak berjalan juga tidak dikesampingkan jika pasar memburuk, Interfax melaporkan Sabtu, mengutip Vladimir Voronkov, utusan Rusia untuk organisasi internasional yang berbasis di Wina.
Pakta Doha merupakan tindakan koordinasi pertama untuk melawan kemerosotan minyak mentah dalam lebih dari satu dekade oleh dua produsen terbesar, Arab Saudi dan Rusia dimana keduanya memproduksi hampir mencapai rekor minyak mentah bulan lalu. Pembekuan produksi awal dari proses yang dapat menyebabkan langkah-langkah lain dalam beberapa bulan mendatang, Menteri Perminyakan Saudi Ali al-Naimi mengatakan setelah pembicaraan.
Sementara itu, Menteri Perminyakan Arab Saudi, Ali Al-Naimi minggu ini akan meminta produsen minyak serpih AS yang terkena kebijakan OPEC untuk mempertahankan tingkat pasokan dalam menghadapi kelebihan produksi dalam rangka menekan harga minyak dan memaksa keluar biaya tinggi produsen.
Banyak komentator menyalahkan kebijakan yang dipimpin Arab Saudi untuk penurunan 70 persen harga minyak, meskipun fakta bahwa melonjaknya produksi shale AS dibawa berkontribusi terhadap kelebihan pasokan.
Naimi akan menyampaikan pidato kunci pada hari Selasa pada konferensi IHS CERAWeek tahunan di Houston. Ini akan menjadi penampilan publik pertama Naimi di AS sejak keputusan mengejutkan OPEC pada bulan November 2014 untuk menjaga produksi besar minyak meskipun kelebihan pasokan sudah membuat harga jatuh bebas.
Naimi mengatakan sebelumnya ini bukan upaya untuk menargetkan negara atau perusahaan tertentu, hanya upaya untuk melindungi pangsa pasar kerajaan terhadap pertumbuhan cepat, biaya produsen yang lebih tinggi.

Sumber : Vibiznews