Wednesday 10 February 2016

Reli Dalam Bursa AS Memudar Karena Merosotnya Saham Komoditas

BESTPROFIT FUTURES MALANG (11/2) - Reli dalam saham-saham AS menguap di jam terakhir perdagangan karena spekulasi bahwa Federal Reserve akan menunda menaikkan suku bunga yang memberi jalan untuk kekhawatiran baru tentang kekuatan ekonomi Amerika. Dolar turun dan Treasury naik.
Indeks Standard & Poor 500 mencatatkan perdagangan yang volatile untuk hari kedua hampir di mana ia mulai, setelah indeks menghapus kenaikan yang melampaui 1,5 persen pada puncaknya. Ketua The Fed mengisyaratkan volatilitas pasar keuangan bisa menunda kenaikan suku bunga karena bank sentral menilai dampak gejolak pada pertumbuhan domestik. Imbal hasil obligasi dengan tenor sepuluh tahun merosot ke 1,70 persen setelah lelang menarik imbal hasil terendah sejak 2012. Dolar turun ke level terendah sejak November dan minyak mentah jatuh ke level terendah tiga minggu.
Kesaksian Yellen didepan Kongres tidak sedikit untuk meredakan volatilitas pasar, karena gubernur bank sentral mengatakan The Fed masih mengharapkan untuk menaikkan suku bunga secara bertahap sementara membuat jelas bahwa gejolak pasar terus mengubah perkiraan. Yellen menyoroti ketidakpastian atas laju pertumbuhan ekonomi China dan kegaduhan terkait komoditas, kekhawatiran bahwa telah mengguncang pasar keuangan sepanjang tahun dan dua kali mendorong saham-saham global ke jurang bear market.
Pasar goyah awal pekan ini karena Deutsche Bank memicu kekhawatiran kredit bank Eropa yang melemah karena kegaduhan dalam minyak membuat minyak mentah berada di bawah $ 28 per barel. Sementara bank sentral dari Jepang hingga Eropa telah mengisyaratkan stimulus tambahan telah siap, volatilitas pasar telah meningkat dalam beberapa pekan terakhir. Pernyataan Yellen bahwa gejolak telah membayangi pertumbuhan global menambahkan ke kecemasan.
Indeks S&P 500 sedikit berubah pada pukul 04:00 sore di New York setelah naik sebanyak 1,5 persen. Dow Jones turun 0,6 persen karena para pemegang saham Disney mengabaikan seperempat rekor penjualan dan pendapatan di dan terfokus pada lesunya keuntungan di jaringan olahraga ESPN. Saham perbankan turun tajam di jam terakhir perdagangan karena bergesernya sentimen.(frk)
Sumber: Bloomberg