Thursday 17 July 2014

Eropa Memanas; Indeks Berjangka Turun, Euro Bund Tertinggi Sepanjang Sejarah

Perdagangan intraday EURO-BUND dini hari ini ( 18 Juli ) terpantau naik, dan nilai obligasi berjangka tersebut terpantau menguat setelah dibuka pada 147.9 di awal perdagangan (07.00 GMT) . Obligasi berjangka naik sekitar + 52 pips atau sekitar 0.35 % dan nilai bergulir terpantau berada pada 148.42. Instrumen ini nampak berada di kisaran rekor tertinggi sepanjang sejarah.
Mengiringi hal ini perkembangan negatif terjadi pada perdagangan indeks saham berjangka di bursa Eroa dimana indeks saham berjangka unggulan Euro Stoxx 50 pada hari ini terpantau melemah sekitar -1.44 % pada 3155, dan indeks DAX yang nampak melemah sekitar -1.08 % pada 9752.
Dari Eropa terdapat sinyalemen naiknya tensi keamanan di kawasan ini. Pejabat Kementerian Dalam Negeri Ukraina, melaporkan bahwa sebanyak 280 penumpang dan 15 kru pesawat Malaysia Airlines MH17, dinyatakan tewas dengan jatuhnya pesawat terbang komersil tersebut.
Sampai saat ini masih terjadi saling tuduh antara kelompok militant Ukraina pro-Rusia dengan pemerintah Ukraina mengenai siapa yang bertanggung jawab atas jatuhnya pesawat ini. Mengutip dari BBC , baik dari Pemerintah Ukraina dan kelompok pemberontak telah membantah menembak jatuh pesawat di daerah yang dekat dengan perbatasan Rusia.
Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting mengemukakan bahwa range normal Euro Bund pergerakan pada hari ini diperkirakan akan memiliki level support pada kisaran 147.54 dan level resistance pada kisaran 148.00.

Sumber : Vibiznews